Setelah masa inreyen ke lombok selesai, 3 minggu yang lalu, Scorpio putih ku ini aku antarkan sendiri ke bengkelnya oom Sheldiez di kawasan Palasari Bandung. Dengan bantuan rekan-2 Bandung, tentu saja aku tinggak nunut dan sampailah di bengkel yang terdengar mantap tuningnya dikalangan rekan-2 pengguna Scorpio dan Pulsar. Terus terang motor ku ini belum pernah disentuh oleh mekanik dari saat beli. Hanya ganti olie rutin saja !! Jadi saatnya untuk mengifiensikan set up original dari Yamaha. Bengkelnya oom Sheldiez terpilih karena utak-atiknya nggak extreme, dan orangnya sensitif banget tentang apa yang kita maui. Performance tuning di sini lebih ke port & polish dan penggantian knalpot dengan ukuran yang pas, tergantung keinginan. Cocok lah, aku ingin efisiensi engine dan tenaga yang lebih ‘keluar’ terutama untuk mengejar ketinggalan performa scorpio ke Pulsar 220.
Selama dititipkan, oom Sheldiez kadang kala mengontak untuk berkonsultasi untuk detil-2 seperti “knalpotnya mau yang hitam atau yang chrome?”, “olienya apa oom?”, dan tidak lupa mengirimkan foto-2 melalui email tentang proses-2 yang dilalui. Kelihatannya sih nggak penting, tapi buat saya ini informasi yang menyenangkan, karena aku jadi teringat tentang fork brace (artikel lain). Mungkin karena aku blogger kali yah, aku digodain sama teman-2. Kalau motor yang lain masuk ke bengkelnya oom Sheldiez nggak perlu STNK, tapi kalau motornya oom Don sampe dimintakan STNK, jangan-2 quality inspectionnya lebih panjang nih… soalnya kan mau ditulis di blog hehe.. (ampun oom).
Weekend jummat kemarin pulang kantor dari Bintaro sengaja sudah planning, dan menggunakan roda empat langsung dari tol Bintaro sektor 7 pukul 19.00 dipacu dengan santai menuju Bandung. Kira-2 pukul 21.00 sudah memasuki Bandung dan mengarah ke kostnya teman di daerah UNPAR. Dan pada Sabtu siang akhirnya saya bisa bertemu lagi dengan Pio-ku. Langsung oom Sheldiez nyodorin kunci dan STNK, dengan malu-2 aku terima dan aku bawa muter. Wuiiiiz.. terasa beda, kalau galak emang dari sananya galak, tapi terasa nahan di rpm atas ala pio standard dah nggak ada lagi. Dan deruman knalpot baru cukup lembut nggak membuat adrenalin mendidih. Menurut oom Sheldiez, scorpio standard saat dyno di tempat langganannya biasanya cuman keluar angka 14 hp. Motor ku ini 17.2 hp (data dyno vary yah tergantung tempat, soft copy nyusul). Nggak heran, pio ku terasa sangat ngacir.
Kesimpulannya, modifikasi ringan pnp dan perhitungan ukuran knalpot sesuai request pemilik itu sangat penting. Jangan samakan motor satu dengan yang lain. Nggak semua suka colek-2 cam, efisiensi dengan pnp dan knalpot itu dah cukup. Apalagi pio ku ini akan dipakai untuk touring jarak jauh dan harus trouble free!. Dan oom Sheldiezz ngerti waktu aku dulu sms beliau “Please kill the imperfection in my bike !!”. Buktinya system pengereman juga sempat di cek ulang dan ternyata masalah nggak enak nya rem depan diselesaikan dengan mengganti selang rem braided stell.
Contact Abbys Performance Tuning: Adie Wrain (Sheldiezz) – 0817202904. Jalan Lodaya no 26 Bandung. http://abbysperformance.com/
wwowoow naik dratis
menurutku, utk bobot tubuhmu + perbekalan di side/top box, memang si Pio harus ditingkatkan performanya.. salut utk Om Adie Sheldiez !!
Racun ini
si Pio jdi tambah sangar
kira2 utk byson bs jga ga yha di upgrade ky gtu!
disinyalir beda 3 dk lebih rendah dengan hasil dyno di Jogja om…
yang diganti cuman knalpot doang bisa naik 3 hp,
pasti kenalpot mahal nih
mantabbbb…. dulu pernah mo mesen knalpot ke kang sheldiez… tapi ga’ jadi… heheheh… mantabbbb dah…
http://jheren.wordpress.com/2011/07/03/miniatur-kabah-di-jalur-pantura-probolinggo/
duh … jadi malu nih muka ekeu di pang pang .. ( tapi ternyata keren juga … Canon S95 emang manstab )
sebener nya bukan membanding kan hanya ini merasakan bagai mana motor nya om Don .. setelan di sekolah kan .. karna sebener nya saat sebelum di bawa ke bengkel saya sempet ngerasain .. , perbedaan nya memang sangat jauh ..
sangat terasa ringan , dan responsip ( sunda persion )… putaran bawah nya sangat terasa , dan terlihat saat saya riding bersama Om Don dan Juragan Contin ke lembang lewat dago bengkok yang memang jalan nya menanjak curam dan ber belok – belok ,
di sana memang sangan di butuh kan renspon tarikan bawah yang besar .. dan ini terbukti motor Om Don sangat gesit ..
dan yang saya senang dari knalpod ini suaranya enggak terlalu keras , .. jadi kalo menurut saya ” gang frenly ” lah ..
kalo di banding dengan motor sayah memang motor ini jauh lebih enak dan responsif di banding motor saya ..
pokona mah .. motor nya om Don sekarang udah ngeunahen …
tinggal di tunngu aja di bandung lagi kita jalan – jalan
gak diajakin kang Adie ke subang om Dono? 😀
Ngapain? Makan nanas hehehe atuuut oom. Kata mami nggak boleh mereng2
gak diajakin kang Adie ke subang om Dono? 😀
ya udah, gak mereng2 juga gak papa, muter2 circuit doang kan boleh om 😛
hore…korban nya om Adie nambah lg..hi.3x
siap2 u/ gas pol di Karawang ni………
wah ngk bakal ketinggalan ama CBR 250, P220 dan Satria merah ini..xixiixixix
knalpotnya sama kaya punya saya om,hehe
keren mupeng…. 😦
wahhh komen ku ilang ya om? 🙄 🙂 atau debug aja ?
nanya in harga abbys crhome euy
Ini muncul
makin ngacir makin ngowos bensinnya ya… 🙂
eh….ada thunder 250.
senang sekali dengar cerita om..hampir semua blog saya baca khususnya mengenai pio putihnya. saya baru beli pio merah bulan maret lalu…saat lagi cari cari informasi mengenai pio akhirnya tanpa sengaja masuk ke blog om. semua cerita di blog membuat saya sangat tertarik akan dunia motor khuususnya motor pio baru saya hehhe. tadi sore saat pulang kerja sempatin main ke otista beli dual hand guard biar sama kayak pio nya om hehe…oh mungkin kapan kapan kita bisa bertukar dan bisa saling kenal..saya ada rencana mau masuk club motor ,disini saya baca Prides..dengan lambangnya srigala. sangat membuat saya mau bergabung..mungkin om bisa memberikan informasi dimana saya bisa memulai ini..trimakasih atas sharing dan perhatiannya. salam
mau di modif apa mas? Prides isinya 95% isinya Pulsar (saya juga punya Pulsar), 5% nya isinya Ninja 250, Pio dan yang lain. Karena Pulsar standar di putaran atas maknyos, Pio harus dibenahi biar nggak ketinggalan. Kalau mau join silahkan ke http://www.prides-online.com, kita ngobrol-2 di sana.
Om suara knalpotnya gimana brisik ga??jd pengen buat pio sy
kayaknya perlu Pio nih buat ngelibas Sawarna sm Cikidang…:(
mantaap……mantaap
wow,,,bkin pngen aja bang don
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/01/ha-esemka-tidak-lulus-uji-emisi-shocked/
OM kalo boleh tau abis budget berapa om ??