Beberapa hari terakhir Bajaj mendapat sorotan, pertama dengan iklannya yang menjelekan pengguna motor bebek, dan kemudian keheranan akan ketidak adaan sparepart fast moving seperti kanvas rem belakang Pulsar 220. Untuk motornya sendiri masalahnya banyak ditemukan P220 yang miring rangka belakangnya, aneh banget yah untuk type motor jajaran utama dari Bajaj tapi perlakuannya seperti motor cina. Kalau P220 saja begitu, apa nasib motor P135? Terbukti XCD yang sudah discontinue saat P135 diluncurkan, supply sparepart dihentikan WHAT THE HELL ARE YOU DOING?
Dari Detikoto disebutkan masalahnya adalah seperti ini:
Kulkani lalu menjelaskan kalau antara India dan Indonesia masing-masing memiliki penafsiran tanda baca titik (.) dan koma (,) yang berbeda jauh sekali.
“Misalnya angka seribu di Indonesia tertulis satu titik nol nol nol (1.000). Nah di India, seribu itu tertulis satu koma nol nol nol (1,000). Jadi kalau kita pesan spare part seribu buah kita tulis 1(.)000, maka orang India akan membacanya pesanan hanya 1 buah, karena kalau seribu mereka menulis 1(,)000,” papar Kulkani. Ketika bulan pertama, misalnya, mereka memesan sebuah komponen sebanyak 1.000 lalu yang dikirim hanya 1, BAI menurut Kulkani masih berpikir positif. “Kita awalnya berpikir, mungkin ada keterbatasan stok di India, jadi kita maklumi,” imbuhnya.
Tapi ketika kembali memesan, angka pengiriman masih sama, BAI pun menurut Kulkani langsung menanyakan ada masalah apa. “Lalu mereka jawab, kan kamu memang hanya pesan 1,” ujarnya. Terang saja hal itu membuat BAI kelabakan dan segera menjelaskan semuanya. “Itu satu masalah saja, sekarang sudah tidak lagi,” lugasnya.
Komment saya sebagai profesional di bidang supply chain, YOU ARE NUTS !!! Supply chain disalahkan gara-2 Country Managernya tidak ngerti supply kontrak ke supplier (India), bagaimana mengirimkan order, kapan, dalam bentuk apa, apakah ada konfirmasi balik, dan monitoring service level. Dan kalau sudah ada masalah seperti ini, mana action plannya? Kirim by air freight!! Jangan tunda dan berharap media online bisa disuap dengan makan-2 seperti tadi malam (Jummat 19 Agustus). Mau ngumpet dibalik AMBI karena sudah mengucurkan dana? YOU NEED BETTER LUCK.
Kalau BAI baru setahun di Indonesia sih mungkin bisa dimaklumin, tapi kalau sampai sekarang masih sama aja?
Silahkan management BAI menghitung Downtime motor Pulsar kalau sedang rusak! Hitung dari antrian di beres, sparepart yg kosong, mekanik yang masih kurang seragam kualitasnya menyebabkan customer bolak balik ke bengkel. Jangan asal jeplak service level 90% untuk service.. Hitung juga customer yang datang jam 9 pagi tapi pulang gigit jari karena antiran penuh atau sparepart tidak ada. HOW YOU DEFINE YOUR SERVICE LEVEL?
Selamat berkerja management BAI.. PR mu masih banyak
Pertamax dulu, bakal kebakar nih
pertamax!
maaff kesalip dikit di tikungan om, :D, gara gara ga bisa bedain titik sama koma sih hahaha
Jiah keduluan Jahe 😀
Gue rasa Kulkani india pasar baru.. nggak ngerti dia
emang BAI berlindung dibalik AMBI?? Maksudnya apa ya om….ga ngerti deh….
Hajaaarrr…!!!
susahnya ,,,,hem
paling nggak opini customer bisa disetir gitu oom xeno
Walah…. Mundur pelan pelan deh….balik pake skuter lagi nih….
mang skuter ada gigi mundurnya?
meski ngga ada tapi kampas rem belakang ada om. malah buat ganjel yg katanya seproot, tapi minim kampas rem 😀
ternyata banyak yg ragu tuk meminang pulsar karena masalah 2snya ad benarnya juga semoga BAI cepat menanggulangi masalah ini soalnya tren penjualan pulsar slalu menunjukan angka positif
fakta dari lapangan tidak membuktikan 90% itu, ngitungnya dari mana tuh angka? ayoooooo benahin 3S-nya udah jangan banyak alasan, titik dan koma adalah alasan paling ga bermutu yg pernah sy baca..TERLALUUUUUUU
90% tidak tersedia paling mas Bro 😀
manajemen BAI ecek2, pantesan vabhaiv gupta hengkang ke tex
apalagi gantinya orang jepang, japanenese translate bahasa, bahasa translate hindi, tambah gede bias infonya, xixixi..
good conclusion. I miss Vaibhav gupta
Pak Dono….I miss Prides too…If only I could help you guys…you could leave a message on gupta_vaibhav@hotmail.com, will be glad if I can still help you ..even if not with Bajaj…because brotherhood lives forever !
Your function at BAI is not replacable. Please come back Sir.
Sent from my iPhone
alasan yg loetjoe sekali
montor pulsar makin banyak,
bengkel slalu penuh,
datang pagi aja ramenya minta ampun deh..
sparepart.. walahhhhhhh….. ngeri banget klo gak ada di indonesia…
harus bener2 rajin extra ngerawat,,,,
bajaj.. bajaj… oh.. bajaaaaaaaaaaaajjjjjjjjjjjjj….
jangan sampai kita membencimu…
mana enak makan2 kalo niatnya bajaj mau membujuk media agar lunak
emang menunya apa om ??
saya nggak bisa hadir oom.. ada buka puasa di kantor. Yg dateng Rial, Benny dan teman-2 Otoblogger Indonesia plus media online lainnya
mangstab artikel…
smoga tidak menjadi sampah tulisan tanpa ada respon lanjutan..
ayo BAI….tunjukkan ‘gigi’ lho yang susah netral
bener spare part susah bener……
udah di telpon hampir semua dealer pulsar cuma nyariin camshaft untuk pulsar 200 jawabannya sama “MAAF BARANG KOSONG” ini mau serius jualannya apa ga??
jualan serius, betulin kagak
weleh…nggak lah om..justru kita (pioners) ikutan ambi supaya triakan kita ttg spareparts makin terarah dan makin didengar bai om…kalo emang nanti terindikasi mau nyetir anak2 ambi ya maap….ane duluan yg bilang nggak….
jadi mungkin meluruskan aja kalo ambi berjuang agar keluhan para pengguna bajaj akan spareparts dan pelayanan servis didengar oleh bai om….bukan bai nyetir ambi om….gitu….hehe…
sepakat oom. aku juga maunya gitu.. dari awal kan ane dah bilang pas di kopdar pussycat
mantaf…..bravo lah AMBI 😀
mudah2an bisa ngebantu kesulitan temen2 pengguna
haduuuh, dah bisa pesen barang ke LN kok mbedain titik koma aja gak tau..
capppeeee deeeh… hix..
smoga kedepana semakin bener tuh masalah ketersediaan parts..
soalna secara best value, bajaj udah semakin didepan..xixixi…
Apa lg yg diserang nih?
Dari media sudah di serbu, cuman hasil masih aja ga jelas, pertemuan langsung dengan petinggi BAI hasilnya sama aja, waktu awal tahun petinggi BAI mengeluarkan statment tema Bajaj tahun 2011 ini adalah Brand Image Bajaj and After Sales, mungkin brand image Bajaj di Indonesia sudah oke lah bisa buat ATPM lain goyang.
yg kecewa after salenya, jualan kaya kacang kulit tapi kosong sparepart, sama aja beli kucing dalam karung, inget masa mocin alias motor cina jualan motor semurah2nya hingga merusak pasaran motor sekelasnya, selesai jualan langsung tutup dah dealer dan kantor2nya.
Costumer Bajaj bagai buah simalakama aja.
*(nglus dada aja dah)
padahal dengan usaha dikit lagi membebenahi after sales service, bisa loh BAJAJ membuntuti Suzuki paling tidak..
mari kita sadarkan bai agar menuju jalan yang benar….amin…xixixi…
titik kadarsih dan koma rudin
disana brarti tidak ada ‘angka dibelakang koma’ tapi angka dibelakang titik
Ada gak media cetak yang mau meneruskan artikel ini, semisal Jakarta post, kompas atomotif atau apa kek biar yang baca satu Indonesia, maklum daerah tertentu hanya baru disentuk media cetak masbro
kamplengi sisan..
Aku rindu Prides juga … Jika saja aku bisa membantu kalian … Anda bisa meninggalkan pesan di gupta_vaibhav@hotmail.com, akan senang jika saya masih dapat membantu Anda .. bahkan jika tidak dengan Bajaj … karena persaudaraan hidup selamanya
Salut ama Mr Gupta, walau sudah tidak di BAI lagi tapi masih mau membantu para pulsar riders dgn permasalah jadulnya seputar spare part…..
Bravo Mr Gupta !!
spare part….. spare part, we need spare part…..bukan titik koma.
wooooooogh.. -.- alasannya begitu.. ga ada konfirmasi ulang -.-a
hajar om!!!
kmaren mendengar crita2 mengerikan tentang kualitas mekanik baru.. ada karbu motor P220 yg prothol (retak/gompil) setelah ditangani mekanik baru di salah 1 beres bajaj…. ada juga crita kabel gas gak bener masangnya setelah kuras tanki PIBO di salah 1 beres gede.. kalok blum ikut training (trainingnya juga harus yg bener) mestinya jangan boleh nanganin motor dong, cukup bantu2in mekanik yg lebih senior dan sudah ikut training..
kalo ga salah itu p220 yg ditangani di Fontana DM om jes, wktu itu p220 nya lagi d servis di XO, ketauan karbunya gompal di dkt venturinya sama frans, (mekaniknya XO yang satu lagi). aku juga liat kok. kayak dibuka paksa pake obeng gitu.
huaaaaaaaaaaaa….. ayoo dong BAI…
aku mau minang Pulsar 180 UG4 tapi raguuuu nih gara2 beginian…kadung jatuh hati ama Pulsie euy
setujuh ni,,, ane juga batal ambil pibo ug4 gara-gara mikirin ini,, :nohope:
mana ini sekaran alasannya super duper konyol,,, masalah titik (.) sama koma (,) :ngakak
waduh, ane dah meminang P220 neh… moga2 aman sentosa ::pray
Benernya BAI tuh multinational company bukan, kok bs2nya staf atau petinggi yg authorized masalah order gag bs bedain standar titik ama koma…. Juga di bajaj indianya. Kalopun nulis 1.000 ya gag mungkin jd satu, kcuali nulisnya 1.00 . Di indonya jg harusnya tau, kl nulis utk keluar tuh ya pake koma sbagai pemisah ribuan…
Buat penulis, gambar karikaturnya dapet dr mana ya? Gag nemu sumbernya…
sebenernya gak bisa salahin pihak India, soalnya aturan internasional buat nulis “seribu” itu ya 1,000 bukan 1.000. coba cek Microsoft exel.
salahnya adalah gak ada konfirmasi dari pihak Indonesia tentang pesanannya. dan gak adanya komplain ke Bajaj India ketika pesanan datang.
yang mengherankan jika mereka tidak mengetahui jika di sanah penulisan menggunakan koma dan bukan titik..kenapa baru bermasalahnya sekarang??sebelom2 nya memang ga pernah pesan sparepart jg?
atau kejadian ini di pesan oleh org baru??klo org baru kok ga di ajakin dulu yang bener?
heran ini alibi atau memang beneran kesalahan bodoh yah??-_-“
karena mereka sebelumnya belum pernah beli parts ini sebelumnya di supplier ini. P220 di launch tanpa dukungan sparepart.
wah kartunnya keren nih
Tulisan yang bagus bro. Ngga ber’tele2, padat, lugas dan langsung ke sasaran. Mantab….!!!
ini mah forum unek-eneq-mandek……..
alasan yang dibuat2. memang BAI baru pertama kali pesan barang ke India?
Betul. Baru pertama kali. P220 dilaunch tanpa support sparepart sama sekali.
Sent from my iPhone
waduhh..berarti orang sono baca nih sandi ngk bs yah?? : ( . ) ( . )
wkkwkw 😀
yang aku heran, ga ada tulisan secara nominal gt ya misal 100 (seratus) gt?dlm b.inggris atau apa pastinya…
alasan yang benar2 aneh dan bikin ngakak…
gmn nasib pzzo baruku nih
bajaj memang selalu ga pernah kasih jawaban yg pasti n mengecewakan.dikritik harusnya mikir donk gmn biar konsumen itu puas dengan pelayanan di dealer”…ini boro”kan kita tuh beli motor pake uang bkn daon x…kasih kita jawaban yg pasti koq motor byk komplainan gini perasaan motor”lain yg dipublikasiin itu penghargaan tp bajaj mah komplainan konsumen trussssss,,,,,,,cape dehh
jawaban yang aneh dan ga masuk akal selalu cari”alasan padahal udah jelas mang ga bermutu..
Bagus bangat Bang,,,,,teteplah menulis BRAVO barisan GUNDULMU
eh lupa nulis nama
Belum kena batunya BAI. Gw beli p220 masih baru. Tapi mpot-mpotan kalau harus nyari sparepart. Belum lagi layanannya yang ancur. Tahu gitu mending gw beli motor jepun yg udah jelas2 sparepartnya tersedia.
jadi kalau BAI import 10.000 unit p220, sama bajai dikirim 10 unit saja
masak spare part harus belajar dari bajai roda 3
Gak masuk akal bro. Emang spare part bisa dihitung dalam pecahan gitu. Hitungannya satuan kan. Alasan yg mengada-ada. Kalau import 10.500 masak disangka pesen 10 setengah bro… yg satu digergaji dunk 😉
ehmmm …cape juga ya…..terakhir sempet nyari cable coupling dan alhamdullilah ada….mungkin dah saatnya bloger bloger mengangkat ini agar BAI melek….sayang kalo mototr bagus tapi 3snya amburadul karena cuma bajaj non jepun yang bisa memberikan mototr kwalitas bagus untuk kalangan medium ke bawah…..tapi kalo begini moso make jepun lagi …cape dehhhh cc sama tenapa pas -pasan….BAI gimana nech