Beli bensin pakai jerigen bolehkah?

31 Jan

Amati video dibawah ini. Seorang ‘anggota’ menampol petugas SPBU Pertamina, sepertinya dia tidak puas karena jerigen kecilnya tidak bisa diisi di pom tersebut.

Ternyata di SPBU Pertamina ndak boleh yah beli bensin pakai jerigen? Mungkin nggak semua. Dulu saat masih miara mobil semi antik, dengan indicator bbm yang ngaco sempat mogok, akhirnya parkir dan beli bbm pakai botol coca cola 1 literan, untungnya masih boleh. Ada beberapa hal yang menyebabkan pengusaha SPBU Pertamina tidak mau menjual ke customer dengan jerigen:

1. Keamanan, memang diberitakan banyak terjadi kebakaran. Tapi mungkin yang perlu dipermasalahkan adalah jika beli bbm pakai jerigen jangan merokok lah.

2. Sering terjadi pengusutan kejahatan (pembakaran disengaja) yang akhirnya merepotkan pengusaha SPBU karena jadi terikut-2 dalam penyelidikan.

3. Meter bahan bakar tidak tepat, jadi agar tidak ketahuan, lebih baik jangan dijual ke jerigen, karena ketahuan berapa kurangnya.

4. Merupakan salah satu system penjatahan bahan bakar, terutama premium. Seringkali di daerah terpencil, penjualan ke jerigen merusak antrian dan besaran demand.

 

Pihak Pertamina pun meminta para pembeli bbm ber- jerigen untuk meminta surat tertentu ke Pemda. Biasanya izin seperti ini digunakan untuk genset yang tidak bisa mobile. Sangking sulitnya mendapatkan izin, seringkali gensetnya yang dibawa ke pom.

 

Anehnya di pom bensin Shell, disewakan jerigen ukuran 4 liter dengan uang  jaminan 30.000 rupiah. Jadi memang tidak boleh bawa jerigen sendiri, ukurannya yah itu hanya 4 liter-an. Kenapa hal ini tidak bisa dilakukan di SPBU Pertamina, okelah ditambah peraturan bahan bakar yang dibeli tidak boleh Premium agar mengurangi efek dari  bocor nya penggunaan bbm bersubsidi. Dan itung2 SPBU Pertamina bisa jualan jerigen sebagai usaha sampingan.

Namanya juga emergency, nggak tau kapan di mana mungkin kita butuh beli bahan bakar dengan jerigen kaan?

 

 

 

15 Responses to “Beli bensin pakai jerigen bolehkah?”

  1. ipanase January 31, 2012 at 5:49 pm #

    cuma stiker atau pengumuman doank,buktinya banyak yang pake jerigen masih jalan aja
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/01/bajab-baru-berbusi-3/

  2. diantaragesang January 31, 2012 at 6:03 pm #

    pertamax aja lah biar gak ngantri, gak kayak beli bensin yang antriannya ngalahin panjangnya gerbong kereta api

  3. soekotjock February 1, 2012 at 4:32 am #

    faktor safety kali oom?
    gesekan antara plastik jerigen ama nozzle-nya pom bensin mungkin bisa menimbulkan listrik statis
    *mungkin lho yah…

  4. adecahyapurnama February 1, 2012 at 4:32 am #

    kalo elo kan emang kepepet om, kalo yang di video itu kan aneh, ada motor, kok beli pake jirigen. apalagi premium yang sensitip..

    yah, semoga usulan mu agar Pertamina bisa jual dengan menggunakan jirigen terealisasi..

  5. asmarantaka February 1, 2012 at 5:49 am #

    ah masih banyak yg beli pakai jerigen kok om😀

  6. DC February 6, 2012 at 4:06 am #

    emang kadang kutu kupret tuh aturan. ane kehabisan bensin, karena jauh naik angkot dah, trus beli plastik di kios depan. pas mau beli kagak mau ngisi tu petugas, padhal cuma 1 liter !!!

  7. lexyleksono February 6, 2012 at 6:33 am #

    Ada yang boleh kok, saya belum lama ini beli pertamax Rp. 20rb pake jirigen di SPBU Pertamina, gara2 motor yg dikirim dealer bensinnya dikit banget,cpake bentar udh habis.

  8. adkarta February 7, 2012 at 9:52 am #

    mungkin karena di shell gak menjual bensin premium mas,

  9. dickyyudhaaz February 7, 2012 at 3:13 pm #

    wah pas bgt, tadi saya sempet tanya di shell bintaro veteran, katanya kalo mau pake jerigen dari shellnya, deposit 50 ribu, kalo dalam seminggu gak dibalikin jerigennya, 50 ribunya jadi hak milik😀

  10. orang pinter February 18, 2012 at 8:19 am #

    spbu mana tuh ?? kalo gue yang jadi petugas spbunya, gue hajar balik , enak aja, pala gue tampol2 kayak gitu, tolol tuh orangnya !!

  11. Bikersruntulan February 26, 2012 at 10:45 pm #

    Apapun alasannya gue sumpahin tu metikers seret rejekinye kaga berkah hidupnye sampe dia minta maaf ke ptgs spbu, kasian kepala orang digeplak emang meja apa???

  12. Zakii April 24, 2013 at 11:04 am #

    Spbu curang , takut ketahuan kecurangan nya

  13. Susanti Rins April 18, 2016 at 5:55 am #

    Boleh dong beli pakai jerigen

  14. pokeh October 14, 2016 at 9:01 am #

    Klo menutut saya takut takarannya ketahuan….
    Tp kenapa klo bepi pertalite sama pertamax kok boleh pakai botol…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: