Lebih dekat dengan Indonesia Exploride

8 Jan

Hari minggu pagi kali ini (8 Jan 2012),  lebih spesial dari hari biasa. Kali ini via Nusantaride, ada ajakan untuk mengenal lebih dekat dengan mas Ungky, sang rider Indonesia Exploride. Kali ini lokasi di set di BMW Motorrad Indonesia di kawasan Bintaro. Pagi-2 ternyata sudah banyak yang hadir pk 9 pagi di Mc D, buset padahal gerimis looh.

Terima kasih undangannya..

Sekitar pukul 10.00 ternyata sang EO, oom Haryo Widodo, sudah ada di lokasi, dan tidak jauh kita bergerak ke markas BMW Motorrad Indonesia, dan disambut oleh oom Ungky. Pusat penjualan motor BMW ini adalah layaknya rumah yang disulap menjadi bengkel, showroom dan di lantai berupa ruang pertemuan yang hangat untuk para rekan-2 pencinta motor BMW. “Tapi ini terbuka loh, “malah siapa saja yang tertarik tentang motor BMW welcome..” ujar oom Unky.

Pagi yang gerimis di bintaro.

Disambut oom Ungky...

Perbincangan dengan penjelasan latar belakang oom Unky.. kayaknya oom Unky sebelum ketemu sudah baca-2 dulu pendapat-2 kita tentang Indonesia Exploride, kayaknya tulisan ane cukup nyentil juga (read: https://pridesonline.wordpress.com/2011/02/27/motor-touring-terbaik-apakah-selalu-motor-besar/). Makanya menjawab pertanyaan “siapa namanu mas?” Oom Ungky cukup informatif menceritakan background kehidupannya secara gamblang.

Siapa Wulung Damardoto? aka oom Ungky?

Kuliah di NHI (pariwisata bandung) dengan cita-2 sebagai tentara(hadoh kagak cocok), sempat 2 tahun berkerja di bidang pariwisata. Namun insting bisnisnya terasah setelah mengambil kuliah di Singapura dalam hal marketing. Ternyata pendidikan konvensional ala Indonesia nggak cocok, buktinya pendidikan gaya Singapura malah bikin cocok, nilai semua “A”!! Setelah pendidikan itu, oom Ungky kembali berkerja di hotel berlokasi di Batam, selama 5 tahun dan akhirnya quit berkerja untuk orang, dan memulai usaha event organizer pada tahun 1996.

Pada tahun 1998, oom Ungky mulai merangkul lifestyle bikers. Sebelumnya orang tuanya tidak mengijinkannya untuk naik motor (biasalah orang tua – too much worry!), dan motor yang dikendarainya langsung cc cukup besar, bukan motor lokal. Di mulai dengan honda 400cc, Shadow 600 cc, sampai Harley Davidson Sporster. Suatu saat karena kebutuhan keluarga, si HD perlu dijual, dan membuat oom Ungky ‘bike-less’ untuk beberapa saat. Beliau sempat sewa HD jika kangen touring atau hang out, tapi akhirnya itung punya itung, berat juga sewa HD.

Dari sini munculah ide bagaimana punya hobby riding tapi tidak mengeluarkan dana pribadi, bagaimana kalau di balik? Punya hobby riding yang free, dan malah menghasilkan. Sejak 2003 oom Ungky sudah terpikat membuat proposal yang sekarang menjadi cikal bakal Indonesia Exploride. Nama eXpLoride sendiri adalah proposal yang disodorkan ke XL namun ditolak. Namun pelajaran dari penolakan ini membuat proposal dibuat lebih baik lagi, tidak ada lagi ego “saya bikers”, tapi angkat tema-2 universal lain seperti budaya, adventure dll.

Welcome to BMW Motorrad Indonesia

Mengapa BMW motor terbaik untuk touring di Indonesia?

Kenapa BMW, serempak kita bertanya. Oom Ungky menjelaskan, bahwa dia sudah coba audiensi ke seluruh pabrikan di Indonesia, “you name it: Honda, Suzuki, Yamaha, TVS, Bajaj etc”. Semua menolak proposal perjalanan yang dibuatnya. “Barangkali pabrikan itu takut motornya nggak kuat untuk keliling Indonesia”, hibur oom Ungky. Dipikir-2 berapa sih besarnya sebuah motor scorpio atau tiger misalnya, dibandingkan publisitas ala TV yang diperoleh. Setelah beberapa tahun proposal ini dikubur, akhirnya Eager, Asuransi Equity Life, Canon, dan BMW Motorrad Indonesia mensuport proposal ini. Ditambah lagi kucuran dana sponsor utama Djarum Apresiasi Budaya yang memungkinan Indonesia Exploride menjadi kenyataan.

Diskusi hangat

Nah BMW sebagai motor super premium adalah motor terbaik karena BMW mensupport acara ini. Dan sebagai motor adventure dengan kasta yang paling tinggi diharapkan kita semua bisa meraih yang paling terbaik. “Apakah pantas Indonesia di promosikan melalui motor terbaik yang ada di dunia?” demikian ujar oom Unky. Bukan saja membuka mata para pengeliling dunia untuk mampir, tapi juga memastikan bahwa “GS Trophy” akan bergulir ke Indonesia, artinya sekitar 2 tahun lagi akan diadakan global gathering  / adventure motor BMW seri GS di Indonesia.

Ah dengerin sambil ngejunk di POL ...

 Indonesia Exploride Untold Story

Mendengar response dari rekan-2 tentang harapan acara TV Indonesia Exploride yang kurang memenuhi harapan, karena isinya kebanyakan kuliner, “Oom saya hanya tahan nonton 10 menit, karena isinya makan-2 terus dan bikin saya lapaaar” ucapku. Oom Unky menjawab “Ooh yah itu konsekuensinya punya sponsor, jadi hasil editannya harus sesuai. Tapi tenang, nanti ada versi yang Untold story, dimana kebobrokan Kementrian Pariwisata terungkap.” Contoh kasar kegoblokan ini misalnya ijin mengambil gambar foto dan video. Kalau orang asing diperbolehkan, Indonesia Exploride dengan persetujuan Kementrian malah dihalang-i, dengan alasan menggunakan kamera profesional. Aku jadi ingat kenapa sekarang saya pakai kamera poket Canon S95 dan jarang bawa SLR. Kalau bawa SLR dimintain ijin, kalau poket kagak… (you moron you !!).

Wah ini motornya Long Way Down...

The next Indonesia Exploride

Penjelasan berikutnya dicampur dengan sesi tanya jawab, intinya mau kemana sih Indonesia Exploride? Ada beberapa point, (1) Publish Untold Storynya, melengkapi acara tv yang sudah tayang, (2) launching website portal http://www.indonesiaxploride.com sebagai wadah bisnis dan informasi Indonesia Exploride, (3) informasi beberapa event yang akan diselengarakan, misalnya “La Commune” di Cijantung. Keseluruhannya tetap mengedepankan misi kebudayaan sebagai diferensiasi Indonesia Exploride dengan yang lainnya.

 

aduuuuh tuh GS...

Acara diakhiri dengan diskusi tentang ultimate bike: GS1200.. melihat harga nya sih aku nggak pengen deket-2. Cuman berani ngelus-2 aja. Tapi akhirnya dapat kesempatan nyobain BMW R1150 (post terpisah).. moge pertama yang saya pernah coba riding. Kalau ada duitnya dan kesehatan, mungkin boleh juga titip parkir di rumah.. xixi.

Have a nice ride folks !! Mari cari duit biar bisa beli BMW.. (mungkin sedan BMW tahun 90-an lebih terjangkau loooh !! xixi). Thanks oom Ungky sudah mau buka-2an dengan teman-2 pencinta riding dan adventure. Semoga kalau ada gathering, mau hadir ya oom !

Foto-2 sisa:


26 Responses to “Lebih dekat dengan Indonesia Exploride”

  1. jahe January 8, 2012 at 12:38 pm #

    selesai baca..hmmmm instansi pemerintah berulahhhh lg

  2. Sulistiono Sulis January 8, 2012 at 12:42 pm #

    Nice Om Don.. Go Explore Nusantara by Ride..🙂

    • pridesonline January 8, 2012 at 12:49 pm #

      tadi ngembat kertas kosong nya mas ungky… jadi lumayan cukup detail.

      • Sulistiono Sulis January 8, 2012 at 12:56 pm #

        gak pa-apalah asal jgn motor-nya… :-p
        btw itu pertanyaan loe sdh hampir setahun baru dijawab…
        ck.. ck.. ck.. dipersiapkan dulu dgn matang, spy gak nanya-2 lagi tuh…

  3. setia1heri January 8, 2012 at 1:20 pm #

    cuma bisa ngiler mode on

  4. kelanakeretaangin January 8, 2012 at 1:22 pm #

    Yang gw masih bingung om, gimana nyiasatin pemakaian bensin moge yang normalnya sih (menurut gw) minimal petromax..

    Indonesia ujung2 kan masi jarang bensin macam itu..
    apakah om dono bisa menjawab ? mungkin abis ngerasain naik tau ! hihihi..

    mampir ya om, anak ingusan baru niy :malu

    kelanakeretaangin.wordpress.com

    • Anonymous January 8, 2012 at 1:46 pm #

      Kalau turing naik moge ada mobil storing yg ngikutin oom. Sekalian nawa bensin pertamax plus

      • Yudi Adventure January 16, 2012 at 2:11 am #

        Kita yg sering touring solo rider…jd hampir jarang sekali bawa mobil back up ..jd harus bisa belajar memanage..segalanya .

    • Anonymous January 16, 2012 at 1:59 am #

      Saya bagi pengalaman…untuk BMW terutama GS yg saya pakai..Ada sensor bensin,sehingga bisa menurunkan kinerja mesin sesuai oktan yg berlaku. Tidak perlu setting manual,beda dengan KTM harus pindah colokan kabel.

  5. private student loans January 8, 2012 at 8:29 pm #

    private student loans Hey {That is a valid point|This is an interesting post|} {Can you post more?|Can you post about private student loans?|} Thanks

  6. mario January 9, 2012 at 1:56 am #

    motornya cakep….

  7. topick January 9, 2012 at 3:13 am #

    huaasseeemmmmm GS…. iler makin basah dah.

    walaupun bukan untuk dibandingkan, yang ini naik GS, yang ono make tenere, yang ono lagi make win

  8. Mr_Long'S January 9, 2012 at 3:30 am #

    :ngiler

  9. asmarantaka January 9, 2012 at 3:52 am #

    disinyalir om Don pulangnya beli satu BMW GS nih…#eh😀
    http://asmarantaka.wordpress.com/2012/01/09/disaat-kebo-pakai-toa-stick-nidji-dan-sirbo-apa-karena-jalannya-lemot-yak/

  10. kris January 9, 2012 at 7:15 am #

    nunggu gue masuk tv😛

  11. danny perdana January 9, 2012 at 1:40 pm #

    itu foto pas salaman sama om ungky ga enak banget muka gue keliatannya hahahah

  12. kidemang soegax January 10, 2012 at 1:44 am #

    maknyusss……
    semoga saya kelak dapat memiliki salah satu dari motor2 tersebut diatas……………….
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnn:mrgreen:

  13. Azdi Scouzie January 12, 2012 at 8:44 pm #

    GS1200R, motor idamaaaannnnnnnnnnnnnnnn

    salam kenal oommm😀

  14. Yudi Adventure January 16, 2012 at 2:16 am #

    Intinya Indonesia tdk kalah soal pemandangan,kebudayaan dengan luar negri,masih banyak yg perlu kita exploride.

  15. bintang January 17, 2012 at 12:17 am #

    i love indonesia . . .
    \m/

  16. George Peele January 18, 2012 at 11:15 am #

    THX

  17. Fausto January 27, 2012 at 7:48 am #

    Hello, you used to write wonderful, but the last few posts have been kinda boring¡K I miss your tremendous writings. Past several posts are just a little bit out of track! come on!

  18. morris March 6, 2012 at 8:01 pm #

    cita2 gue banget…tapi msaih bingung buat proposalnya…

  19. Jatikusuma September 13, 2012 at 12:48 pm #

    keren banget, jadi pengen ikutan keliling Indonesia

  20. rentalmotormedan June 14, 2013 at 2:21 am #

    saya cuma naik p220 aj masbro …gak kuat beli moge ..kira2 ada sponsor ga ya

    http://rentalmotormedan.wordpress.com/ —>>bantu klik mas bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: