Touring bareng: P220 vs CBR250 vs PIO225

26 Apr

Ini pengalaman yang mengasikkan sebetulnya, karena jarang-2 ada 3 motor diatas 200 cc touring hanya bertiga. Kali ini saya menggunakan Pio225, jadi motor ku dengan perabotan lenong (side box E36) nggak bisa ngintilin P220 dan CBR250 yang lincah membelah kemacetan Semarang menuju Ungaran, Salatiga dan terus ke Solo dan stop point terakhir di Tawamangu. Rial Hamzah, fellow blogger dan teman di Prides menggunakan P220 yang plat nomernya belum keluar (pake plat nomer pulsar ku xixi). Dan yang satu lagi oom Blackmax yang khusus berangkat dari Juwana untuk inreyen CBR250, sebel katanya setelah plat nomer keluar tapi trip meter baru 60km doang. Perjalannya cukup menyenangkan dari sisi jarak, karena setiap 45 menit berenti, dan treknya.

P220 + CBR250 + PIO225

Saat di jalan baru di Salatiga (entah namanya apa yah), Pio tetap menujukan performance top speed yang poor. Tidak heran dari dulu Pio 225 kalah dari P200 di trek lurus,  kalau sekarang harus ngejar the fastest Indian Bike aka P220 dan CBR 250 yang kinyis-2, Pio 225 standard ini harus mengibarkan bendera putih dari awal.

Pengalaman Pio 225 baru terasa saat mendaki Tawamangu di sabtu sore kemarin. Sengaja side box yang berat aku titipkan di Solo, karena aku tau temen-2 pasti pengen mereng-2 dengan kecepatan tinggi. Torsi yang galak di RPM rendah membuat tanjakan menyenangkan, nggak perlu ancang-2 jauh dari sebelumnya. Alon-2 ajah, nggak usah geber-2 juga pasti nanjak.

Kesulitan paling ada saat turun dari tawamangu, dengan nyemplungnya salah satu Pulsar 180 rekan dari Solo ke got sedalam 1 meter (bener-2 nyemplung), bikin hati was-2. Plus hujan dan kabut sekitar jam 9 malam bikin aku merinding. Kacamata berminus tebal, dan ketidak pahaman tentang tikungan2 maut di tawamangu membuat aku riding sangat berhati-2. Akhirnya selamat sampai kembali di Solo tanpa satu apapun, kecuali di cap riding paling santai dan paling belakang xixixi.

Mbah Darkwolf Semarang (tengah) dah bantu ndorong motor ku ke beres Yamaha

Terbaca, simpang lima.. hihihihi

Ternyata simpang lima dulunya velodrome yah? mirip soalnya.

Memang kayak velodrome.. semua mereng-2 di simpang lima

Motor sempat di dorong ke beres Yamaha karena kabel kopling putus.. makasih yang sudah bantu

Pio 225 bukanlah yang paling kencang dari ketiga ini, tapi merupakan motor yang nyaman untuk touring santai menikmati tanjakan karena torsi di rpm bawah, apalagi  jika anda seekor beruang (PSK = pria seratus kilo) yang bawa perabotan lenong. Happy riding folks.

Persiapan...

Take off !!

26 Responses to “Touring bareng: P220 vs CBR250 vs PIO225”

  1. blackmax April 27, 2011 at 12:08 am #

    jadi inget, simbah bantuin ngedorong pio sampe tengah jalan ke beres selanjutna dono ngedorong piona dengan bantuan “caddy”…

    kek maein golf ajah..😆

    • pridesonline April 27, 2011 at 12:13 am #

      hahahaha.. mbah orang yang baik..,. lagi kesesat aja sekarang..

  2. P220 aka kebo 220rr April 27, 2011 at 12:44 am #

    Ngakak.. Sidebox dibilang peralatan lenong.. Topeng monyet kali bro..!

  3. . April 27, 2011 at 1:36 am #

    Don, pio itu bukannya gak bisa kenceng…tapi emang kalo ditunggangi PSK (pria seratus kilo) macam kita ini ya pasti ngeden…hehehe

    lha itu kang Rial sama kang Blackmax berat badannya berapa duluuuu..

    • blackmax April 27, 2011 at 3:40 am #

      gw mah kurang dikit lagih hampir jadi PSK jugah..😆

    • bodats April 27, 2011 at 5:03 am #

      donce….
      lu kagak septih!!!
      seharusnya lu pake sandal crocs!!!
      itu baru septih!!! *lirik bence*

      • pridesonline April 27, 2011 at 5:23 am #

        yayayay aku lupa pake septi sandal.. terima kasih infonya.. xixixi

  4. vanz21fashion April 27, 2011 at 2:24 am #

    wuih.. seru nih.. scorpio z yg baru kalo didandanin keren juga ya, jadi keliatan garang.. mungkin tinggal oprek2 dikit biar power lebih keluar sama ganti ban gede jadi makin gagah bang..🙂

  5. asmarantaka April 27, 2011 at 2:37 am #

    emang lamaa bne nunggu Om Dono pas riding dari Ungaran-Salatiga..xixiixixix..yg penting “Alon2 asal Klakon” OM http://asmarantaka.wordpress.com/2011/04/27/yamaha-r15-repsol-honda-kalo-fans-dani-pedrosa-naik-yamaha/

    • Dani May 9, 2011 at 1:08 pm #

      alon alaon asal klakson toet toet

      • pridesonline May 10, 2011 at 3:18 am #

        Hehe. Selasa pagi ini aku di tawamangu. Sarapan indomie dan tehh manis. Riding yg luar biasa. Udara dan jalannya muaaaantab.

  6. f41z April 27, 2011 at 3:03 am #

    wuiz cuma 1 yang absen N250. kqkqkkk

    tentang knalpot freeflow N250&CBR250 + tips ada disini:
    http://smartf41z.blogspot.com/

  7. hanx April 27, 2011 at 5:17 am #

    teryata darkwolf itu ada ya bukan cuma legenda kaisar alam semesta….

  8. setia1heri April 27, 2011 at 5:20 am #

    wah tinggal diadu sama tiger nich? wkwkwk

  9. Abu Tanisha April 27, 2011 at 6:32 am #

    sayang produk yamaha yg satu ini powernya kurang

  10. kangmase April 27, 2011 at 7:28 am #

    keadaan motor lainnya cbr dan p220 gimana om? pas nanjak enak pa gak, enakan mana gituh?

    • pridesonline April 27, 2011 at 7:32 am #

      aku pikir untuk perbandingan tarikan dll pastinya CBR250 menang melawan P220.. cuman nggak jauh bedanya..

  11. Denny April 27, 2011 at 8:11 am #

    Salut dah … smoga selama 2 minggu ini Pio nya gpp yah … kekekke …..

    • pridesonline April 27, 2011 at 8:22 am #

      yang main-2 sama pio ku. aku kirimkan ruwatan instant dari jakarta…

  12. soekotjock April 27, 2011 at 1:12 pm #

    pengalaman bawa pionya oom don dari beres yamaha k hotel,peak power cuma d rpm 6000-an yaaa…
    buat adu lurus pasti ngos2an lah…
    tapi buat tanjakan ama stop n go pasti muangstab…

    yang sheldiez yang sheldiez yang sheldiez…
    xixixi…

    • pridesonline April 27, 2011 at 1:32 pm #

      iya emang kayak gitu.. tapi gesit kan di rpm bawah?

      • soekotjock April 27, 2011 at 3:04 pm #

        hooh oom,manteb bgt diputaran bawah…
        torsinya boookk…

  13. spursindonesia April 29, 2011 at 2:23 am #

    Pio ndak akan mengibarkan bendera putih sejak awal bila Yamaha mau mengeluarkan versi engine berbasis platform yg sama dgn spek 250 cc, 6 speed, and oil cooler, 23 PS sudah di tangan, cost tambahan ga banyak, apalagi mengingat motor CKD pada level harga 23.8 jt, tapi sayang ATPM Jepang mmg hobinya mengeruk keuntungan setinggi langit d sini (maklum cma di Indonesia konsumennya rada manut digencet harga tinggi, bisa jadi sapi perahan mencari profit, di kala penjualan di Eropa & Amerika Utara menurun drastis utk Yamaha).

  14. TONI May 18, 2011 at 12:36 pm #

    si pio pake ban c*rsa sih! salah tingkah deh kalajengkingnya!

  15. toto May 30, 2011 at 8:37 am #

    mantab nih…

Trackbacks/Pingbacks

  1. RR: Long Way Don (1) « Live from 2 wheels - May 19, 2011

    […] JKT-Solo 2 minggu sebelumnya saat long weekend, dan beberapa sudah ditulis di blog ini, misalnya; https://pridesonline.wordpress.com/2011/04/26/touring-bareng-p220-vs-cbr250-vs-pio225/. Diberikan nama LWD (Long Way Don) karena buat lucu-an saja.. dan diambil dari Long Way Down. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: