Ban dan velg mobil: saatnya balik ke fungsional

4 Apr

Mobil ku ini jarang sekali dipakai. Paling-2 sebulan 1 kali kalau ada kebutuhan berkerja di pabrik Cikarang. Nah kebetulan lifestyle saya berubah setelah ketemu Prides, dan saya lebih memilih naik roda 2, dan bikin mobil ini lebih sering lagi ngejogrog di garasi. Walupun mobil tua tapi mobil ini relatif mobil kencang, dan boros !!

Setelah bertahun-2 jarang dipakai, karena tuntutan relokasi pekerjaan di perusahaan yang sama, maka diputuskan velg gede dan ban profil tipis harus segera diganti dengan ban ukuran standard: R14, 185 / 65. Pokoknya praktis ajalah. Hal ini karena mobil ini ingin segera difungsionalkan sebagai kendaraan harian karena tidak mungkin rasanya naik motor dari Blok M ke Cikarang tiap hari. Bisa gempor. Kemarin sudah coba one way sekitar 1.5 jam naik roda dua membelah kemacetan kali malang. Walaupun naik mobil juga nggak jauh lebih cepat, tapi pastinya nggak terlalu melelahkan. Paling-2 macet di jalan tol !!

Member IMAC.. Indonesia Mazda Auto Club.. Mazda Familia thn 2000.. kinyis kinyis

Velg gede dan ban profil tipis.. ouch

Mobil kencang pada jamannya harus diskbrake belakang

Multilink khas familia.. mantap..

Suspensi depan.. belum pernah ganti shockbreaker.. dah 11 tahun loh

Brake pad masih tebal.. perasaan aku belum pernah ganti brake pad selama ini.. ueedan

Karet power cushion sudah hancur.. pengen beli lagi

Akibat malas spooring.. ban lama sudah terlihat kainnya.. buset dah.. nggak lagi-2

Aku pilih dunlop karena reasonable price..

Ukurannya, persis ukuran ban originalnya

Velg standard akan dipasang ban

Balancing

Spooring

Ban dan velg standar terpasang.. ready to roll ...

18 Responses to “Ban dan velg mobil: saatnya balik ke fungsional”

  1. bennythegreat April 5, 2011 at 12:35 am #

    Akang Donces…
    Mohon dijelaskan apa itu spooring dan balancing..karena eke mboten ngertos..

    • pridesonline April 5, 2011 at 1:44 am #

      Kayaknya orang lain bisa menjelaskan lebih baik oom. Aku kurang paham teknisnya

  2. ipman April 5, 2011 at 4:17 am #

    coba bantu jawab.

    Spooring:
    buat setel kelurusan dan kelarasan ban depan dan belakang, ban kanan dan ban kiri.
    mobil2 dengan suspensi independen bisa diatur sudut kemiringan dan kelurusan bannya.
    ciri2 kendaraan perlu di spooring, pada kecepatan tinggi terasa setir getar.

    balancing:
    yang di balance velgnya, ditambah timah2 di pinggiran velg, tujuannya supaya distribusi berat velg bisa merata di sekelilingnya sehingga gaya sentripetal di velg jadi rata. roda yang balance akan berputar dengan smooth.

  3. extraordinaryperson April 5, 2011 at 5:31 am #

    200 kpj di tol sampe ya om😆

  4. aldi April 5, 2011 at 6:10 am #

    mantap, ternyata pemakai Mazda juga.. salam kenal ya gan, ane pake Cronos 2000cc.. BTW velg lebarnya boleh tuh, lepas brp? huehehe

    • pridesonline April 5, 2011 at 6:19 am #

      Cronos pcd nya beda oom

      • aldi April 5, 2011 at 7:46 am #

        ups lain ya? yaaahh…😦

      • pridesonline April 5, 2011 at 8:08 am #

        Familia baut empat pcd 100. Sama dengan great corolla, old civics, starlets..

  5. nadi April 5, 2011 at 9:36 am #

    kaki-kaki mazda elo jorok amat kang Dono? Geli ngelihatnya.:mrgreen:

  6. TDF April 6, 2011 at 6:56 am #

    modif harus fungsional (safety frist)

  7. asmarantaka April 7, 2011 at 7:16 am #

    wah ngk gaul lagi dah:mrgreen:

  8. robo April 11, 2011 at 1:41 am #

    om don/…. minta inpo harga…. BTW… mobil ane juga udah pake diskbrake di 4 rodanya. padahal mesin 1300 cc. xixixixixi…

  9. YG April 12, 2011 at 6:32 am #

    wah pernah naik nih mobil ketika pertama kali join di LI . makan siang ke bidakara.makan sop buntut.. mantab…..😛

    • pridesonline April 12, 2011 at 7:00 am #

      Hahaha udah brapa tahun yg lalu yak?

      • YG April 13, 2011 at 6:01 am #

        bertahun tahun…😛

  10. blackmax April 21, 2011 at 12:50 am #

    iye ban+velg standar emang lebih nyaman, empuk euuy..

    velg gede+ban tipis = keras bantingana.. wkwkwkwk..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: