Komunitas 494 – teman ngobrol di jalanan Ibukota

26 Mar

Di dunia ‘brik-brikan’ di frekuensi 2 meteran ada banyak aliran, dari yang pentung-2an dengan antena pengarah dan booster segede lemari, fox hunting, hingga ngobrol selama kena traffic jam di jalanan ibukota. Nah type yang terakhir ini mulai dari awal 2005 ada frekuensi yang biasa dipakai buat ngoceh di jalan, yaitu frekuensi 144.940 mhz yang biasa disebut dengan ‘494’.  Awalnya dulu dipakai oleh rekan-2 dari komunitas mobil untuk berjalan berombongan menggunakan handytransceiver, namun karena beberapa rekan memang asalnya dari amatir radio saat mudanya, makan semakin hobby ini menjadi virus di antara komunitas roda empat di Jakarta. Dan lama-2 menular ke hobby ngobrol di rumah, dan selanjutnya pada ikut ujian untuk menjadi anggota ORARI.

Kenapa hinggapnya di frekuensi 494? Karena saat itu kalau beli antena larsen di glodok, antena itu pre-tuned di frekuensi 145.000. Setelah ditongkrongin, hanya frekuensi 144.940 yang jarang dipakai oleh rekan-2 ORARI. Nah dulu sempat ribut karena saat itu penghuni 494 belum ujian ORARI dan tidak berhak mempergunakan frekuensi ini. Namun dengan pertemuan dan diskusi yang lebih kekeluargaan, malah ORARI bisa membuat para pengguna roda empat bergabung ke ORARI melalui media frekuensi 494, dan timbul hubungan mesra antara 494 dan ORARI. Dari awalnya 494 adalah tempat ngobrol saat sedang membelah ibukota dengan roda empat, dan tempat meminta dan memberi bantuan baik informasi maupun teknis untuk masalah mobil. Maklum disini tempat nongrongnya dedengkot komunitas roda empat, jadi informasinya cepat dan tanggapan tepat. Tidak jarang urusan derek-menderek jadi santapan harian, dan pernah dipanggil sebagai frekuensi ‘derek liar’, bukannya sedih, malah 494 bangga karena bisa saling membantu dalam perjalanan.

Hari ini, seperti tahun-2 lalu, diadakan acara silahturahmi antara member 494 di Ciganjur. Acaranya sih temu kangen saja, makan siang, dan tuker kado. Kata para senior 494, silahturahmi bisa memperpanjang umur. Bagi saya bercanda kopi darat seperti ini emang jadi kerinduan sendiri. Kali ini YB0PDM sebagai pejabat teras ORARI ikut datang berserta jajaran. Informasi yang disampaikan beliau sangat welcome, yuk bikin mudah ujian ORARI, tularkan hobby amatir radio ke banyak orang.

Selain bertemu sapa, tidak lepas juga kumpul kangen ini digunakan untuk ‘ngulik’ peralatan yang ada. Aku pernah ngerasain tergila-2 main peralatan radio, dan rasanya memang bikin penasaran hehe. Sebagai kompornya simak frekuensi 494 dan foto-2 di bawah ini.  Btw. nama udara saya di 494 adalah “DORA”, saya punya callsign yang sudah expired : YDONTJ, lokal kebayoran. See you on the air. Btw, di Amerika, walupun peraturan ketat tentang pengoperasian hp sudah diterapkan, tapi penggunaan perangkat radio komunikasi amatir tetap diperbolehkan di roda 4.

On July 1 2008, the State of California will have new laws on the books to deal with the use of wireless telephones while driving. There has been some confusion as to whether California amateurs who operate in their car will be affected by the new law. According to the California Department of Motor Vehicle’s Web site http://www.dmv.ca.gov/cellularphonelaws/dl208_03cell_phone.pdf, “the use of dedicated two-way radios such as walkie-talkies or Citizen Band (CB) radios is not affected by the new law” for drivers 18 or older.

Ontario Transportation Ministry spokesperson Bob Nichols replies:

Hand-held radio use is currently still permitted under the new distracted-driving law until Jan. 1, 2013. After that time, only hands-free use will be allowed. This includes both mobile and Citizens’ Band radios, and also applies to amateur radio operators.

Mobile amateur radio use may be exempted from distracted driving laws in other jurisdictions because their primary focus is cellphone use.

We understand that amateur radio operators provide valuable services during emergencies, such as power failures or severe weather, and that is why a three-year exemption exists, to allow for a hands-free solution to be developed.

Sambutan YB0PDM

Foto keluarga 494 di HBH 2011

Boy's toys

Bursa radio

Rig, booster? adaaa.

Rig classic

HT dimodifikasi untuk fox hunting

Bermacam2 antena

Handy Transceiver classic

'Lontong sayur' antena mobil homebrew..

Antena bonggol 'lontong sayur' di cherooke

Di Chevolet Captiva

Antena di Mercedez

Di Terano

Braket motorized, di Terios. Bisa rebah kalau masuk parkiran kantor

Antena berkumis 3

Beberapa Peugeot 505 dengan antena dan radio

Mobil kantor? nggak problem.. pake magnet aja, nggak permanen..

BMW dengan antena di atas dengan magnet

Banyak yang seneng masang di depan, soalnya nggak libet kabelnya

Di depan enaknya bisa mudah diraih dah direbahkan braketnya

Mobil offroad kudu pake, takut masuk daerah nggak ada signal hp

25 Responses to “Komunitas 494 – teman ngobrol di jalanan Ibukota”

  1. arantan March 26, 2011 at 10:09 am #

    Itu PCXnya Lengky?

  2. extraordinaryperson March 27, 2011 at 3:06 am #

    hobi yang menarik

  3. diposedicigp8 March 27, 2011 at 5:34 am #

    jadi inget sama alm eyang ane om, YC1BW😦

    • pridesonline March 27, 2011 at 5:35 am #

      haha jaman dulu ngebrik dah hi tech banget yah…

      • diposedicigp8 March 27, 2011 at 1:08 pm #

        hooh, gara2 ngebrik juga ortu ane dipertemukan:mrgreen:

  4. wakidhin March 27, 2011 at 2:57 pm #

    kayanya ada yg ngemengin ane ye?

  5. Reymond March 27, 2011 at 3:23 pm #

    mantap sudah ada foto update yang masuk ke blog, jgn lupa om tag in ke FB yah🙂
    thx..

  6. Seto March 28, 2011 at 2:20 am #

    om Dora…. up date wijaya satu arah te-el santa padat… arah sebaliknya lancar…..

  7. BiJe March 28, 2011 at 2:43 am #

    Muantafs… BRAVO 494 n Salute.

  8. riva March 28, 2011 at 7:38 am #

    oh, masih ada ya ? bagus deh

    • wakidhin March 29, 2011 at 4:33 pm #

      bisa aja bro ripa nih.

  9. nanda August 29, 2012 at 2:31 pm #

    lam kenal om…. dulu sy suka mampir k 494…. yg sy inget mamah yeni….(bibir manado) masih ada ga tuh dah lama bgt…. skrg lagi vakum om…. pindah tugas x yaa… nanti kl ada wktu mampir deh k 494…. salam buat semua yg ga bisa disebutin yah om….bravo 494 di jalan bnyk bgt yg pake stiker ini….. buat om yg pake motor putih salam jumpa yah pasti lupa kl udah kopdar…..

  10. mAskeLik November 21, 2012 at 3:41 am #

    bravo untuk komunitas 494. alhamdulillah ada media dunia maya-nya. jadi tetap bisa berinteraksi kapanpun dimanapun, selain di udara. apakah ada milis-nya?
    salam kenal dari mAskeLik buat om dan tante di dunia maya, tetap semangat, sukses dan ceria selalu. salam di udara….

  11. Anonymous December 7, 2012 at 5:12 pm #

    klu di daerah Tangerang – Balaraja , ada ngga yg bisa monitor di 494 tsb,krn selalu kosong tu frek……sptinya tdk sampai .tq choky 021 511 770 47

  12. CoratCoret April 4, 2013 at 5:20 pm #

    Ayo dihidupkan lagi dong 144.940, Jakarta.. ayo bangunnn

    • Anonymous June 10, 2013 at 8:51 am #

      Rame um

    • Terry 17018 November 20, 2016 at 6:19 pm #

      Mau dong ikutan….
      Tapi belum punya rig dan perlengkapannya nih…juga callsign belum ada…buat om yg baik di sini yg mau bantu sy bisa wa ke 08998356789 (maaf nomor ini hy bisa wa)

  13. dor October 17, 2015 at 5:58 am #

    144.940……??? polos kah, mohon di bantu, mau ikut gabung. 021-96338998

  14. Assoy November 6, 2015 at 5:40 pm #

    Udah sepi yah? .. Ramein lagi yuk .. Ada yg mau hidupin lagi??

    • Enno August 20, 2016 at 1:05 pm #

      Ayoo om baru pasang antena d mobibl ni…….

  15. Dani October 28, 2016 at 2:37 pm #

    Mau gabung dong gmn carany info rekan rekan.dani 085312304430

    • Chandra November 15, 2016 at 2:56 pm #

      yg butuh HT ane jual nih dijamin murah. HT Motorola GP328 cuma 3.060.000. minat WA aja ke 085210871177

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: