RTW Sean Jordan at my home!

20 Feb

Kali ini saya mendapatkan kesempatan langsung untuk bertemu close dan personal dengan Sean Jordan, yang sedang melalukan touring keliling dunia nya. Sean Jordan lahir tahun 1976 berkebangsaan Canada memulai perjalanannya 8 bulan lalu. Di blognya http://www.vespa360.com dia mengatakan “I’m taking a year off to ride my Vespa around the world”.

Setelah 8 tahun berkerja di Eropa, akhirnya Sean bisa cukup punya resources untuk menjalankan ambisinya untuk naik motor keliling dunia menggunakan vespa. Vespa yang digunakan adalah Vespa PX200, yang sepertinya tidak dipasarkan di Indonesia. Di sini hanya ada versi 150cc nya. Saya dan teman-2 blogger (Saranto & Haryo Widodo) sudah monitor keberadaan Sean dari bulan Desember 2010 sewaktu dia masih di India. Dan email penawaran menginap di Jakarta akhirnya diterima, alhamdulilah, bisa close and personal nih sekalian nambah teman. Akhirnya percakapan via email berubah menjadi via sms setelah Sean masuk Indonesia. Sms pertama mengabari bahwa dia sudah di danau toba, dan semakin dekat tiap hari.

Banner Vespa360

Akhirnya Sean minta tolong untuk direferensikan penginapan di Bandar Lampung untuk kamis malam 17 Feb. Ini hal mudah karena ada jaringan Prides di Lampung, tinggal teriak saja, penginapan dengan syarat ber wifi sudah disediakan oleh Oom Kucay Lampung. Dan Jummat paginya mereka sempat sarapan bareng dan ditemani riding hingga keluar dari kota Bandar Lampung.

Bersama dengan Oom Kucay di Lampung

Selama perjalanan menuju Jakarta, Sean sama sekali tidak minta dijemput, dia hanya minta alamat jalan karena dia sudah membawa GPS Garmin Zumo yang akan mengguide dia masuk Jakarta. Sekali ada sms dari dia bahwa kabel kopling rasanya sedikit aneh, kemungkinan besar akan putus, padahal lokasi tinggal 10 km dari tujuan. Dicoba dihubungi ternyata tidak bisa karena dia sudah complain tentang baterai handphonenya ngedrop (harusnya di charge di kapal ferry). Sejam kemudian kira-2 jam 8 malam, Sean malah nelpon, dia minta saya bicara dengan Pak Polisi yang menangkapnya di Semanggi. Ya sudah saya akhirnya saya minta Pak Polisi berbaik hati untuk bertemu saya untuk mengurus hal ini di  Komdak. Saya dan teman-2 langsung meluncur ke Komdak dan tanya sana sini, apakah ada Vespa berplat nomer Canada sudah masuk ke area. Tidak ketemu !!! Waduh di bawa kemana teman saya ini.. sambil ngumpat-2. Saya coba telepon lagi… beberapa kali, akhirnya Sean menjawab lagi: ” I am already at your home and having a beer with your mother !!!” alamaaaaaaaak….

Benar saja.. sampai rumah Sean sudah cengar cengir… sambil menawarkan saya beer… Loh ternyata dia sempet belanja beer di CK deket rumah.. penuhlah kulkas dengan beer semua brand beer yang ada di Jakarta.. Dia bilang dia suka minum, dan dia ingin nyobain semuanya. hahahahaha kacau deh.

ngat

Sean sudah sampai rumah duluan

Akhirnya kita seret Sean untuk main ke kopdar. Karena dia ingin menikmati ‘Beer day’ nya dia hanya mau dibonceng. Akhirnya berangkatlah kita ke kopdar Prides di Mega Kuningan Timur lengkap dengan supply beernya.. xixi. Di sini Sean menyalami semua orang dan sedikit kerepotan mendapatkan pertanyaan dari teman2 yang curious. Kehadiran Sean di MKT sangat membuat malam kopdar kali ini semakin menyenangkan.

di Kopdar MKT.. latar belakang hotel Ritz Carlton yang sempat kena bom

With the troops

Saat di MKT kita sudah siapkan intenary dan menyusun prioritas untuk Sean, kebetulan ada satu rekan Insert yaitu Bro Rano yang tau 90% yang dibutuhkan Sean selama di Jakarta, yaitu skedul kapal ke Pontianak, dan perbaikan ringan Vespa-nya. Akhirnya kita undur diri, kali ini Sean bonceng sespan motor Vespa Bro Rano.

Di Sespan (side car)

Waktu sudah cukup pagi, dan saatnya untuk istirhat. Besoknya sudah janjian dengan Bro Rano untuk bertemu lagi di salah satu bengkel vespa di kemayoran. Dari awalnya hanya ingin mengecek kabel kopling yang terasa aneh, akhirnya banyak juga yang dibongkar dan diganti. Dari ganti kanvas rem, ganti cylinder head, ganti kanvas kopling.. dan semuanya itu dilaukan oleh mekanik bengkel dengan sangat cepat. Kita masuk jam 11 siang, jam setengah 3 sore sudah selesai.. AJAIB.. motor vespa memang nggak ada matinya di Jakarta… bengkelnya banyak, parts lengkap dan pengerjaan super cepat. Jadi iri nih… hiks.

Jelek-2 gini helm ini Aray loh..

Peralatan dan parts di motor ini lengkap.. dan harus ngerti banget cara perbaikannya sendiri

Boxnya Sean isinya moving parts lengkap dan tools !!

bongkar cylinder head vespa = 5 menit saja !!

Jangan ikuti ngerabin motor anda kalau bukan Vespa

Pasrah lagi dikitik-2 jeroannya

Setelah selesai dan running well, pitstop berikutnya adalah ke Pak Roni, salah satu punggawa Ikatan Vespa Indonesia (IVI) yang terdaftar di IMI. Ternyata beliau sejak 1976 sudah lulus sekolah Vespa, dan sampai sekarang masih bergulat restorasi Vespa untuk di aktifkan kembali. Banyak bule-2 nyasar ke workshop pak Roni untuk mencari vespa klasik yang sudah di cat dan sehat.

Vespa antik hasil restorasi di minati oleh expat Jakarta

Wow.. ini salah satu ruang kerja Pak Roni..

Setelah itu karena Sean merasakan Jakarta sangat melelahkan, dia minta untuk istirahat, namun sebelum istirahat saya ajak untuk pijat di tuna netra tempat langganan di pasar Santa. Malamnya saya sudah ajak dia untuk makan malam bersama dan sharing cerita dia selama perjalanan dengan teman-2 di restoran dekat rumah. Bagaimana kelanjutannya dan pengalaman perjalanannya stay tuned di blog ini!!

Sharing perjalanan sambil makan malam..

11 Responses to “RTW Sean Jordan at my home!”

  1. soekotjock February 20, 2011 at 4:21 am #

    pertamaaaxxx

    • v1d32 May 13, 2011 at 5:38 am #

      kapan maen ke CB… stnk dah dikirim blom… denger2 stnk nyangkut di mari

  2. kucay February 20, 2011 at 4:28 am #

    mantabs om, tambah lagi dong ceritanya…

  3. Torry Parantoro February 20, 2011 at 4:46 am #

    jadi diliput tv one ? bravo Prides ! Bravo Mas Dono !!

  4. Djarwo88 February 20, 2011 at 4:48 am #

    wehehehehe…
    beruntung smalem bisa ketemu si Sean di Sotohut…tenkyuu Om Don atas infonya..
    maap smalem ane balik duluan…biasa si marlin dicariin emaknye n ga tau jalan pulang..hehehehe

    anyway, salam buat Sean…

  5. arantan February 20, 2011 at 12:29 pm #

    Terharu!!!
    Manteb banget Doooon!!!

  6. welexmail February 21, 2011 at 12:35 pm #

    sayang tidak bisa bertemu lebih lama dengan sean.

  7. Geralt of Rivia February 23, 2011 at 5:47 pm #

    jadi kapan mau nambah vespa di rumah om?😀

  8. thatoz28 February 24, 2011 at 12:31 am #

    “like this”
    spirit of brotherhood
    :2thumbup buat om dono

  9. Angga September 10, 2011 at 4:13 am #

    live to ride………………RIDE TO LIVE

Trackbacks/Pingbacks

  1. Drew Milne (Vescapade project) Adelaide to London, sekarang lewat di mari !! « Live from 2 wheels - May 5, 2011

    […] bulan lalu ada bule gila naik PX200 yang berangkat dari Serbia menuju Indonesia (baca di mari https://pridesonline.wordpress.com/2011/02/20/rtw-sean-jordan-at-my-home/, dan https://pridesonline.wordpress.com/2011/02/23/rtw-sean-jordan-the-story/), sekarang ada bule […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: