Bedah PCX luar dalam, tuntas !!

13 Nov

Bertempat di Sunter, weekend kali ini AHM mengundang Pridesonline untuk membedah motor premium mereka Honda PCX. Wow ini kesempatan baik, karena banyak fitur-2 motor seharga 32 juta ini memang lebih sesuai dengan harganya lah. Sampai di lokasi, wow ternyata lokasi yang dipilih adalah gedung training AHM dimana ada 90 instruktur melakukan training kepada 16 ribu mekanik Honda. Gedung training ini selain memiliki banyak kelas, bengkel, juga punya tempat menginap bagi mekanik yang berasal dari luar kota.

Gedung Training AHM

Ucapan selamat datang dari AHM

Trainer memberikan bahan workshop

Diikuti oleh blogger penggemar bebek

Suasana ruang workshop, banyak mesin buat dibedah

Buku manual lengkap banget

Balik lagi ke PCX, kali ini materi yang dibahas menyeluruh dari Alternator-Starter yang bisa berlaku sebagai dinamo starter (brush-less) yang sangat silent, dan juga berfungsi sebagai alternator yang membangkitkan listrik saat motor berjalan dengan kemampuan mengisi aki dan kebutuhan listrik dengan 3 phase. Alternator-Starter ini akan sangat berfungsi saat idling stop difungsikan. Yang menarik ada beberapa hal yang diterapkan agar idling stop lebih aman: 1) motor harus sudah bergerak dalam kecepatan 10 km, 2) suhu mesin mencapai 60 derajat celcius, dan 3) sensor pengendara (di jok depan) mengindikasikan ada motor ada pengendaranya.

Komunikasi antara sistem pengisian listrik dari alternator-starter, idling stop, pengapian dan programmed fuel injection semuanya dikendalikan oleh ECM dengan 6 sensor (MAP. IAT, TP, ECT, CKP dan O2). Keganjilan pembacaan sensor tersebut langsung dapat dilihat dari kedipan lampu di dashboard dan diharapkan pemilik bisa membawa PCX nya ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

Fitur lain seperi combi brake system dan alarm tidak berhubungan dengan ECM dan berdiri sendiri dan cukup unik karena merupakan fitur yang membuat PCX ini semakin mewah dan terasa berbeda dengan motor-2 lainnya.  Yuk kita liat gimana sih daleman PCX dengan foto-2 berikut ini:

Kerangka PCX cukup tebal dan kuat

Kerangka dilihat dari sisi satu lagi

Aki 5 ampere vital tanpa kick starter soalnya

Aki low maintenance diletakan secara tidur. Jangan pakai yang cairan, berbahaya.

Letak ECM sekitar 30 cm dari tanah. Dilarang melibas banjir.

ECM, otak dari PCX

Tangki bahan bakar 6.2 liter

Receiver alarm, belum bisa imobilizer untuk alasan safety

Combi brake, waktu rem belakang di rem, satu piston rem depan akan berfungsi dengan sedikit delay

Kaliper rem depan 3 piston: 2 untuk rem depan, 1 untuk combi brake rem belakang

Alternator - starter yang tanpa bunyi. Pejet start, mesin akan nyala tanpa suara kasar starter. Dan berfungsi sebagai alternator.

Sensor di alternator-starter akan mengkalibrasi lokasi piston dengan memaksa mesin berputar berlawanan arah 2 langkah setiap kali start.

Mangkuk alternator starter dengan 18 magnit permanen

Kapan lagi bisa main-2 conrod mesin PCX? hehe

Rantai keteng

Throttle body

TB dari sisi lain

Daleman mesin dilihat dari atas

Filter udara

CVT

Catalytic converter

Konfigurasi knalpot

Fuel pump

Alternator starter yang membuat PCX terasa sangat berebeda

23 Responses to “Bedah PCX luar dalam, tuntas !!”

  1. hmmm November 13, 2010 at 11:53 pm #

    ptromax

  2. Agus Lengky November 14, 2010 at 12:47 am #

    ayo dong, secara kolektor motor. ambil satu nih motor masa depan.

  3. echobody November 14, 2010 at 12:55 am #

    Very nice info…
    Sayang AHM gak mengundang perwakilan dari Honda PCX Owner Community nya…

    • Agan'Fajar'Pcxer November 14, 2010 at 3:13 am #

      ya, mengapa? PCX’er ngga di undang padahal kita2 lebih banyak tau mengenai kenyamanan PCX, karena kita memilikinya, huahahahahahaa,…

      • pridesonline November 14, 2010 at 7:35 am #

        Kalau dah punya kan nggak perlu nelajar lagi mas bro. Hehe

  4. Eka Rayagung November 14, 2010 at 3:47 am #

    Wah sayang sekali nih AHM tidak mengundang kami para PCXER, yang nota bene dah tahu lebih rinci tentang PCX ini. Dari mulai stamina, kenyamanan, dan masalah yang ada.
    Berhubung kita memiliki PCX, setidaknya kita lebih faham dengan keadaan motor kita.

    Selain itu, kita pun sudah resmi memiliki komunitas PCXER yang diresmikan oleh pihak AHM sendiri di acara JMS kemarin. HPOC dan POCKER.

    Kami harap, apabila ada acara seperti ini khususnya mengenai PCX kami dapat mengikutinya.

    Contact Person, 08128878689

  5. NanaRed. November 14, 2010 at 11:40 am #

    fitur tercanggih matic saat ini,fantastis

  6. Cicakmerah November 14, 2010 at 2:45 pm #

    sayangnya masih CBU…
    coba harganya 22-28jt…
    laris manis dah tu ngeliat teknologinya🙂

  7. girifumi November 15, 2010 at 2:11 am #

    saya hanya mewakili henry…cmiiw..

  8. tafridefraaz November 15, 2010 at 3:06 am #

    lho motor indonesia kok gk blh melibas banjir?

  9. bejjo November 18, 2010 at 3:20 am #

    buku manual PCX nya mo dong..

  10. CHACHAN November 18, 2010 at 4:12 pm #

    kenapa para pemilik pcx tidak di undang, padahal honda bisa mendapatkan input yg positif & mengetahui kekurangan yg ada pada motor ini, seperti suara duk duk pada roda belakang yg keluar ketika motor di ajak jalan pelan di jalan kasar.

    • pridesonline November 19, 2010 at 1:32 am #

      Mungkin bisa dihubungi ahm langsung bro. Dan mungkin akan dibuat dalam format acara yang lain?

    • Poppy November 28, 2010 at 1:24 pm #

      kalo sdh di ganti sockbreakernya..kemungkinan ilang tuh gan..:)

  11. touringrider November 20, 2010 at 6:04 am #

    keren dagh… tapi sayang, gak bisa buat nerjang banjir.. jadi gak cocok buat kota yang sering kebajiran.

  12. Boombox Walker November 25, 2010 at 11:49 am #

    paling tertarik dengan fitur idling stop system nya. bener2 teknologi terkini. dan honda sadar membuat motor yg ramah lingkungan dan hemat BBM karena emang stock minyak bumi di bumi makin tipis

  13. fuad_muchtar@yahoo.com November 27, 2010 at 3:26 pm #

    yah nggak jadi beli deh…..soalnya nggak bisa ngelibas banjir…..beda ama vario cbs ane bisa “nyelam”……hehe…

  14. meet_hana December 5, 2010 at 6:57 am #

    bisa aja nih Honda.. Ngundang blogger, jadinya teknologi ini bisa disosialisasikan ke konsumen melalui dunia maya.. okelah strateginya, bravo Honda

  15. justi April 11, 2015 at 5:02 am #

    pertamax bang, ijin share ya bang

  16. Si bungsu October 7, 2015 at 10:03 am #

    Mau tanya gan ane pemakai pcx 150 thn 2015, kl grip gas diputar pada saat jalan seperti ada suara gemerincing (kriiiiiiing), kalo ngga di gas bunyinya hilang, apakah itu karakternya atau memang ada yg ngga normal, mohon pencerahannya, matur nuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: