Hutan Pasirawi – untuk yang kangen nuansa alam dekat dari Jakarta

19 Sep

Dari seminggu yang lalu sudah rencana untuk mblasak blusuk nyobain KLX250 ke trek nativenya, semi off road. Sejak aku dapatkan sekitar 3 bulan yang lalu, belum pernah kena tanah becek nih motor, paling-2 rumput di kawasan mega kuningan tempat Prides kopdar jummat malam. Janjian dengan Bejo (id Prides FMIF), akhirnya sabtu pagi jam 07.00 standby di Mc D pondok cabe. Tadinya nggak tau mau kemana, yang pasti adalah mau mengarah ke Ciseeng dan let’s see di mana keluarnya. Setelah lewat wisata pemandian air panas di Ciseeng mulailah belokan dipilih berdasarkan naluri.. “Bejo, lewat kanan tuh kayaknya ada bukit!” kataku iseng… GPS Garmin, dan handphone ber google map sebenarnya ready di ransel, tapi demi keisengan sabtu pagi yang cerah itu tidak dipergunakan, nanti aja kalau benar-2 emergency.

Akhirnya entah di mana Bejo teriak “Tuh kayaknya ada trek asik!”.. ya udah kita belok ajah. Jalannya cukup ajib, dan masih ok untuk Pulsar 200, cocok buat newbitol kayak kita berdua. Ditengah-2 perjalanan kita istirahat untuk menikmati view, wow lumayan juga. Sambil ngabisin rokok satu batang kita tanya sama pendukuk setempat, ini keluarnya ke mana?… Ternyata bisa keluar di Leuwiliyang Bogor.. ooh gitu ya ok deeh kita terusin.

Ternyata di ujung treknya kita dapatkan jembatan gantung yang cukup panjang.. waduh. Aku selalu menghindar lewat trek ini, takut nyebur sueer!!! Karena treknya sempit dan udah  ngantri mau nggak mau sambil mulut komat kamit ya pelan-2 terus aja.. wow, gemeteran.. Tapi akhirnya selamat juga di sebrang. Akhirnya aku senderkan motor ku dan ambil beberapa foto si Bejo lagi nyebrang.. kayaknya sih pucet juga hehe.

Setelah jembatan ada tanjakan terjal yang aku akui disinilah KLX 250 ampuh, dengan torsi yang cukup besar di rpm rendah dengan tidak terlalu berat bisa melewati. Pulsar 200 hampis kehabisan torsi karena tanjanan ini sangat licin dan harus diselesaikan dengan kecepatan rendah. Akhirnya setelah melewati perkampungan penduduk, akhirnya kita berdua sangat gembira melihat jalan aspal lagi. Perjalanan berikutnya adalah menuju Bogor untuk lapor sebentar ke Ketua Chapter Bogor, yang ternyata lagi kopdar di sebuah bengkel di jalan Pajajaran.

Untuk yang pengen ngerasain trek yang berbeda dengan nuansa hutan tapi tidak jauh dari Jakarta, Hutan Penelitian Pasirawi bisa jadi pilihan.

Sarapan di Mc D Pondok Cabe

Seger liat sawah ijo ijo

Di temenin oom Bejo a.k.a. FMIF a.k.a. Ketua Chapter Bintaro

Jalan santai, nggak ada target, nggak ada tujuan. Istirahat mulu..

Oom Bejo girang ketemu plang hutan.. "masuk yuk" katanya

Jalanan nya kayak gini.. asik banget

Sepiiii

Istirahat lagi. coba kita bawa bekal.. bisa piknik di mari..

Nggak rekomend pakai Box yah di mari.. lagipula kan depet juga dari JKT

Pemandangan ... luaas

Ketua Chapter Bintaro lagi merenung.. hiks

Giliran oom Bejo nyebrang.. hii ngeri

Aku diketawain sama orang-2 lokal.. karena ketakutan... dan bikin macet jembatan penyebrangan

Gemeteraan... hiiiii

Referensi Hutan Penelitian Pasirawi:

http://www.p3hka.org/hutan-penelitian-E7.html

Hutan Penelitian (HP) Pasirawi dibangun pada tahun 1938, memiliki luas ter-kecil dibandingkan delapan hutan penelitian lainnya yaitu hanya 14,25 ha. Terletak di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, berjarak 50 km dari Bogor yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 2 jam.
Rata-rata curah hujan per tahun 4.016 mm, iklim tipe A menurut klasifikasi Schmidt and Ferguson (1951). Tanah di daerah ini termasuk Latosol Merah Kecoklat-coklatan, bahan induk tufvolkan intermedier dalam sekali, agak su-bur, miring. Jumlah tanaman yang terdapat di HP Pasirawi adalah 47 jenis yang terdiri dari 25 jenis asli dan 22 jenis eksotik.

5 Responses to “Hutan Pasirawi – untuk yang kangen nuansa alam dekat dari Jakarta”

  1. achoels September 19, 2010 at 1:48 pm #

    mangtabss…

  2. blackep September 20, 2010 at 1:45 am #

    mantab nih rute nya,klau ciseeng sih tau,tapi klau hutan nya gak tau, he he he ….
    boleh nih sklai2 di coba lagi lewat situ.

  3. bAdcOp September 22, 2010 at 7:53 am #

    yuk kapan kita kesana…

    • pridesonline September 22, 2010 at 9:58 pm #

      yeee lu stress yah … moso mikirin jalan-2 mulu… hus hus hus.. yang mo merit..

      • bjoetejo March 8, 2012 at 4:58 am #

        soendoel gan… ::supz:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: