Pengalaman naik CS-1 satu tahun di Ibukota

13 Sep

Tuntutan untuk kommuter di Jakarta tidak hanya membutuhkan sekedar motor, tapi juga motor yang cocok untuk dipakai ke kantor dengan ciri-2 tertentu, misalnya: motor ringan, stylish, cocok dipasangin box, mudah perawatan, dan cukup kencang – agar jalanan Ibukota yang panjang-2 bisa cepat waktu tempuhnya. Terus terang Bro Rudy Triatmono dengan “Ki Demang”-nya (Satria FU) menginspirasikanku untuk mencari ‘motis’ (motor tipis) juga. Saat itu motor yang aku punya bukanlah merupakan motor yang mudah untuk diparkir di parkiran kantor karena sangat berat dan susah untuk manuver di tempat parkir yang sangat padat. Kebetulan ada teman yang mau upgrade CS-1 nya yang baru 800 km (berumur 1 tahun – dibeli tahun 2008) ke KLX 150cc. Dari dulu pas dia beli aku dah bingung, wong motor bebeknyamatic  di rumah juga lengkap – masing-2 anggota keluarga dah punya dilengkapi motor matic, dari Piagio, Vario, Beat, Mio, you name it lah.. kok ditambah motor honda aneh ini (CS-1). Temanku cuman cengengesan, katanya “Nggak tahan liat bentuknya yang lucu, Honda lagi” (alasan yang sama waktu ditanya kenapa ganti ke KLX150cc, cuman kata Hondanya diganti Kawasaki).

Tawar menawar dengan tidak alot-2an maka pindahlah garasi si CS-1 hitam yang masih kinyis-2 itu ke rumahku.. buset, kagak pernah dipake jalan jauh.. paling cuman ke Depok aja. Daftar service lengkap.. bah.. bakal sengsara nih motor ditanganku, karena bakal di abuse hahaha.

Motor ini sekarang sudah dipasang box, malah sudah ganti box, yang pertama Shad dan sekarang Givi, kenapa – karena kunci box shadnya agak seret mungkin jebol gara-2 buka tutup setiap kali masuk ke parkiran motor – maklum yang punya gedung takut aku bawa bom kali. Kenapa pakai Givi? yah keren ajah dan sekarang boxnya nggak dikunci kalau mau ke kantor, takut jebol lagi di abuse sama pak satpam. Nggak tau cara bukanya seeh – tapi aku maklum kok – masing-2 box beda cara bukanya..

Yang aku ganti lagi adalah ban menjadi tubeless. Nggak usah nyari ban yang mahal. IRC aja cukup, wong bukan dibuat kebut-2an .. asal tubeless aja.. maklum jalur ke kantor terkenal banyak ranjaunya. Terbukti baru satu kali kempes itu juga karena pentilnya yang agak rusak, bukan karena bocor gara-2 paku.

Bagusnya nih motor:

1. Dipake satu tahun dengan jarak 9.000 km an tidak ada rongrongan berarti. Masuk bengkel cuman sekali itu juga gara-2 mesin kayaknya dah kotor (susah langsam) dan rante kendor.

2. Aki sudah 2 tahun selalu ok dan tokcer. nggak pernah nyalain pakai selah.

3. Finishing motor tetap terjaga, walaupun parkiran motor tidak ada atap, paling kotor tinggal di cuci, kinclong lagi.

4. Bentuk keseluruhan fairing membuat tidak was-2 kalau kena hujan, nggak takut elektrikal problem.

5. Motornya tipis banget.. suka ketawa liat motor-2 matic gambot kesusahan parkir.. Paling yang bisa nyamain tipisnya cuman Satria FU

6. Mesin kencang, walaupun bobotku berat, tapi yah mumpuni. Nggak pernah ketinggalan parah kalau jalan sama teman-2 pakai Pulsar.

7. Transmisi manual, artinya punya engine brake yang lumayan untuk braking, membantu keselamatan.

8. Ada kompartemen kecil di tengah, cocok buat duit dan kartu parkir, dan stnk (diperlihatkan setiap kali keluar parkiran).

Nah segi negatifnya adalah:

1. Banyak yang nggak suka form faktornya, suka ditanya kenapa sih naik CS-1.. kan kencengan Satria FU.. kalau mau motor tipis.. hehe.

2. Mesin suka mati pas idle.. padahal dah di service kok masih masalah yah? Apa ada yang begitu juga…  tapi nggak merepotkan.. tinggal pejet starter.. greng..  Kotor kali yah?

3. Lampunya kurang terang.. buat ke luar kota mah parah.. buat dalam kota pas-an doang.

4. Fairing bawah pecah.. itu karena terlalu ceper… suka gesek polisi tidur.. belum sempat diganti sih. Yang mecahin padahal bukan saya, tapi dia janji ganti tapi belum menepati janji.

Ya gitulah pengalaman naik motor CS-1, semoga makin banyak teman-2 yang mau ganti mobilnya ke motor agar jalanan ibukota tidak padet seperti sekarang. Cheers.

Belum pakai box

Tebelan helm daripada body motor.. like this lah

Box Shad terpasang, mejeng di kota tua

Cocoknya pakai box 30 liter saja cukup satu helm

Box lagi, sangat penting untuk naro jas ujan dan helm

Motor ini membawa ku tiap hari ke tempat kerja

25 Responses to “Pengalaman naik CS-1 satu tahun di Ibukota”

  1. subangpulsarclub September 13, 2010 at 7:27 am #

    Like this….!

  2. Mr_Long'S September 13, 2010 at 10:05 am #

    Sok belakang ny gak di tinggiin bro,??
    tar ada polisi tdr mentok lohh apa lg klo ente berbadan berat bs ambles ky scouzy… Xi xi xi

    • pridesonline September 13, 2010 at 11:13 am #

      Ambles sih nggak. Memang rendah tuh.

  3. Taufik September 13, 2010 at 10:31 am #

    CS1 sebenarnya motor nyaman
    salah satu kelemahannnya adalah . .. ya betul Form Factor nya itu lo, cmiiw

  4. arantan September 14, 2010 at 12:26 am #

    Pasang HID – Xenon yuk Don?

  5. soekotjock September 14, 2010 at 11:00 am #

    ni mongtor tarikannya ok bgt…
    ngejer2 oom don keluar dr tikungan naek ni motor lumayan ngos2an juga,pdhl gw pake pulsar korekan…
    nice bike klo gw bilang,perawatan simple (no radiator,no oil cooler yg bikin repots…) tarikan ok,ground clearance lumayan tinggi (g terlalu waswas kena banjir ato mentok d poldur) udah monoshock…
    klo dipakein topbox udah kaya versi mini dari mongtor2 enduro…

    • pridesonline September 14, 2010 at 11:03 am #

      Loh kan water cooled..

      • soekotjock September 14, 2010 at 4:48 pm #

        mosok oom?
        huuu,kecewaaa…

      • pridesonline September 14, 2010 at 6:07 pm #

        loh .. CS-1 itu dah radiator air .. jadi kalau macet mah nggak majalah… keep cool.

      • soekotjock September 15, 2010 at 11:18 am #

        klo buat gw pribadi oom,motor yg baik tu motor yg simpel…

        klo g butuh radiator y jangan dikasih radiator…
        klo g butuh oil cooler y jgn dikasih oil cooler…
        soalnya perangkat2 tambahan kek gitu tu merepotkan,jd klo emang g butuh y sebisa mungkin jangan ditemplokin…

        penggunaan oil cooler misalnya,tu memperbesar resiko oli bocor pd niple nya,oli bocor trus kita g sadar y kelaut lah jeroan mesin.jadi klo mesin kta g butuh oil cooler c mending jangan dipasang klo kata gw…
        sama aja dgn radiator,dengan adanya radiator bakal memperbanyak pe-er kita tiap pagi (buat ngecek air radiator) belum lagi memperbesar resiko mesin jebol gr2 air radiator kosong.

        mesin 4 tak 125cc DOHC nya CS-1 (atau sonic) gw rasa g butuh radiator.jadi sayang aja klo kata gw…

        but overall ni mongtor emang ok punya…

      • pridesonline September 15, 2010 at 11:30 am #

        Radiatornya ngumpet. Elu aja ndak sadar ada radiatornya. Dan sangat membantu di kondisi stop and go jakarta.

  6. girifumi September 15, 2010 at 2:51 am #

    yang bener tuh liquid cooled; beda lho liquid sama water.water pasti liquid,liquid belum mesti water..

    *komentator merupakan pengamat bebek*

    • soekotjock September 15, 2010 at 11:20 am #

      eeeh ada oom giri…
      jadi selaen water,yg bisa dipake liquid apalagi oom?

  7. anddeep September 15, 2010 at 6:27 am #

    like thiis lah,blog yg laen pd bahas minornya ni motor,bro malah meminangnya,two thumbs deh,
    oh ya salam kenal bro !

    • pridesonline September 15, 2010 at 6:37 am #

      Salam kenal juga. Saya juga heran. Motor bagus kok malah nggak di support.

  8. limewire download September 16, 2010 at 2:10 am #

    haha

  9. snalpot99 September 16, 2010 at 2:21 am #

    salam mas bro dari sesama pengguna cs1

    • pridesonline September 16, 2010 at 2:37 am #

      salam kenal juga nih. motor saya belum ada stiker komunitasnya neeh

  10. hendra September 16, 2010 at 6:26 pm #

    lebih keren lg klo jd cysers….

    • pridesonline September 19, 2010 at 1:36 pm #

      Cysers kopdarnya jummat malam di panahan yah? malu eh …

  11. andryberlianto September 17, 2010 at 2:14 am #

    CS1 ku dulu : http://andryberlianto.wordpress.com/2010/07/22/terimakasih-honda-cs1/

    CS1 bagus kok 🙂

  12. yayang125 September 18, 2010 at 1:21 am #

    Mau nanya
    Box givi ky om itu berikut braket ny beli dmna truz harga ny brp,??

    • pridesonline September 18, 2010 at 11:01 am #

      di motoritz mahakam.. tanya ke Bro Ade di sana

Trackbacks/Pingbacks

  1. apa bahasa aceh nya “aku ngga bisa, skrg lagi nggak ada uang” ? | Indonesia Search Engine - September 13, 2010

    […] Pengalaman naik CS-1 satu tahun di Ibukota « Live from 2 wheels […]

Leave a reply to hendra Cancel reply