Hella FF75 dan FF50 cocok untuk motor touring

28 Aug

Kebutuhan akan lampu yang terang untuk menembus jalanan luar kota malam adalah mutlak. Lobang dan ceceran solar sangat berbahaya dan sama sekali tidak bisa diprediksi, kabut dan kendaraan berlawanan rasanya bikin lampu standar motor jadi useless. Dari beberapa trial dan error, akhirnya secara aklamasi ada satu tipe lampu auxuliary yang paling cocok, yaitu lampu Hella baik type FF75 (model tipis), dan FF50 (model oval). Lampu ini sudah terbukti paling cocok untuk menambah kekuatan lampu utama, karena lampu ini merupakan type driving lamp dengan pancaran sinar lurus dan jauh, yang sangat membantu untuk menembus kabut dan membantu pengelihatan ke arah depan. Banyak rekan yang membeli lampu asal saja, atau walaupun mahal secara tidak sadar membeli lampu fog lamp dengan sebaran merata namun dekat.. lampu seperti ini tidak membantu pengelihatan jarak jauh… lobang yang terlihat di depan 2-3 meter sudah terlalu terlambat untuk dihindari oleh motor yang cruising di tengah malam dengan kecepatan tinggi !!

FF75 ramping dan tipis

Saya sendiri malah pasang 2 set di mobil, dan umurnya sudah lebih dari 6 tahun tanpa problem berarti. Memang kalau tidak salah beberapa tahun yang lalu saya sempat baca bawa lampu FF75 dan FF50 pernah mendapatkan award design di Eropa, dan perlu digaris bawahi bahwa awardnya adalah tentang reflektor dari bahan yang sangat eksotis dan hasil sinar yang dipancarkan sangat baik (lurus dan tajam), jadi bukan tentang bohlam lampunya (btw, bohlam H7). Ketahanan gelas depannya juga luar biasa, kalau krikil-2 biasa sih nggak masalah buat lampu ini. Uniknya lampu ini sulit untuk berembun, karena di salah satu sisi kacanya ada valve satu arah yang bisa membuang udara panas waktu lampu beroperasi, namun menutup waktu lampu dingin agar udara basah tidak masuk ke dalam rumah lampu. Dengan demikian udara basah ini bisa dikurangi dan tidak muncul embun di dalam rumah lampu.

Pemasangan? Mudah sekali, dan karena kecil jadi pas dan bikin ganteng motornya:

FF75 di engine guard kanan

FF75 di bawah lampu utama

FF50 di stang sebelah kanan

Harganya memang tidak murah sekitar 900 ribuan.. waait .. tapi itu dapat 2 lampu, untuk di motor hanya perlu satu sajalah.. satu lagi bisa di share sama teman. Dan di boxnya dapat semua kelengkapannya: braket, wiring, konektor, switch, relay.. semua made in Germany (eh kecuali Relay made in Hungary kalau ndak salah).

Mudah-2an rekomendasi singkat ini bisa menambah keamanan Brother semua yang gila touring malam hari.

5 Responses to “Hella FF75 dan FF50 cocok untuk motor touring”

  1. soekotjock August 28, 2010 at 5:52 am #

    hihihi….
    ada putu nimbus gw…
    btw ga diupload sekaliam oom hasil pancaran lampunya,biar makin meyakinkan…

  2. 6147sowe October 16, 2010 at 5:07 am #

    waaoo, nais inpohna ya gan..neh lagi cari2x informasi2xna….btw skrng hargana tetap apa dah naek yaahh?

    saia dr forum serba-serbi kaskus scorpio raider…

    eccho

  3. 6147sowe October 25, 2010 at 2:42 am #

    bro, saia dah beli FF75 yang mao saia tnyain kuat gak yaahh aki 9 amper (kering) dan headlamp pake aotopal H4 55wat + hella FF75 1 x 55 watt dan klakson dan lainnya masih standart…

    terima kasih sebelumnya

    • pridesonline October 25, 2010 at 11:37 am #

      lampu hellanya kan dimatikan kalau lagi idle.. harusnya sih nggak apa-2.. motornya apa?

  4. jack December 10, 2015 at 5:42 am #

    info pemesanan om…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: