Headphone portable untuk harian

11 Mar

Kayaknya saya akhir-2 ini makin sering keranjingan dengerin musik. Sampai-2 bongkar lemari nyari kemana itu para player tersimpan. Nah kali ini kepikiran juga untuk menikmati musik on the go.  Saya punya beberapa earphone (mostly gratisan dari beli handphone atau paket bundlenya si Jaben). Tapi saya tidak ada yang suka (mungkin karena ada harga ada kualitas). Tapi masalah yang utama adalah pakai earphone tidak nyaman di kuping saya, dan rasanya jorok aja kalau dipinjem teman, dan kabelnya itu loh.. serba semrawut.. perasaan setiap mau pakai earphone selalu menderita membuka simpul kabel yang awut-2an. Dan yang penting, earphone membuat suara sekitar tidak memungkinkan untuk masuk karena kedap, nah ini berbahaya untuk digunakan sambil jalan-2 atau sambil nyebrang jalan!!

1. Sennheiser PX100

Senn PX100 - mudah dilipat

Di tempat kerja saya juga sudah banyak yang pakai headphone. Dan mostly pakai yang type portable seperti Sennheiser PX100 yang kayakya sangat cocok dengan selera musik teman-2 saya. Pernah saya coba dan memang suaranya menghibur. Saya sendiri stuck dengan earphone Denon dan Hippo yang menurut saya suaranya juga tidak cocok, dan unconfortable. Kualitas material Senn sangat baik, malah terbilang mewah, dan sangat nyaman. Teman saya bilang: “Dude, you can not go wrong with a sennheiser”.  Apalagi teman saya punya box khususnya yang sangat baik memproteksi headphone ini setiap kali masuk tas. Tapi saya ingin sesuatu yang beda !

+ Build

+ Suara

- Pasaran!

 

2. IGRADO

Kebetulan saya sampai sekarang belum tau bagusnya headphone dari Grado. Biasanya bentuknya klasik banget. Tapi menurut liputan di media, memang banyak sekali penggemarnya. Dan IGRADO ini beberda bentuk sama sekali dengan headphone Grado yang lain. Lebih modern dengan finishing lebih baik. Dan suaranya katanya mirip dengan Grado SR60 karena drivernya sama!  Suaranya sih oke, masalahnya buat saya ini nggak bisa diringkas menjadi form yang kecil jika masuk tas. Padahal saya pertama kali liat IGRADO ini sudah pengen banget.. itung-2 sekalian mencicipi suara Grado yang legendaris itu. Dan buat saya model seperti ini susah digunakan karena kabel stuck di kaca mata saya dan sulit untuk pakai dan lepas. Sayang sekali, padahal suaranya ok lah. Dan satu lagi, kabelnya tipis dan meragukan kualitasnya.

+ Driver Grado yang terkenal

- form factornya tidak memungkinkan dilipat

- ternyata tidak nyaman dipakai-lepas

 

3. KOSS PORTA PRO

Headphone ini sebetulnya sudah tua, dan di launch di tahun 1981 !!! Tapi masih bisa dibeli sampai sekarang. Suaranya lumayan tapi mungkin masih kalah dengan yang lain, dan yang paling menarik adalah bentuknya bisa dilipat menjadi sangat kecil !! Yang paling luar biasa adalah harganya yang paling murah dari pesaingnya. Buat saya band metal itu mengingatkan headphone walkman jaman dulu, jadul dan suka nyangkut di rambut.

+ Bisa dilipat kecil sekali

- Bentuknya jadul !

 

4. V-JAYS

Headphone ini kecil sekali, kalau pertama kali melihatnya bentuknya seperti headphone pinjeman di pesawat. Looksnya simple dan ringkih. Tapi kalau sudah di coba.. wow big sound! Dan ini salah satu headphone portable yang lagi hype. Bisa dilipat juga seperti Senn.  Suaranya bright dan fun, mostly targetting pencinta audio yang lebih muda daripada penggemar Senn. Buat saya feelnya nggak dapet, karena terasa ringkih dan enteng sekali. Untuk penggunaan kantor kayaknya terlalu fun bentuknya. Saya butuh yang bentuknya lebih serius dikit.

+ Suara fun

- Terasa tidak firm di kepala

 

5. AKG K420

Melihat headphone ini, wah AKG.. nggak banyak yang punya. Terus lihat materialnya, wow rapih warna abu, dan kuat. Saat dilipat memang agak tebal karena jembatan nya itu memang gemuk. Tapi ok. Pas nyobain, suaranya netral !! Terasa lebih dark dari Senn, tapi balance. Saat di extend, bisa panjang, cocok buat yang ukuran kepalanya lebar. Headhone ini sebenarnya brand Austria, tapi dibuat di China, saya pikir kualitasnya masih oke banget, semewah Senn. Dan kabelnya juga tebal, saya harap bisa lebih tahan dipakai harian. Uniknya headphone ini adalah open back (seperti Grado), yang artinya saat digunakan kita tetap bisa mendengarkan suara sekitar. Setelah saya beli saya pakai untuk muter-2 Plaza Senayan – Ratu Plaza – Senayan Trade Centre jalan kaki, saya merasa tetap aman karena tetap alert dengan kondisi sekitar. Artinya juga, nanti kalau saya pakai di tempat kerja, dan ada telpon masuk atau ada yang ngajak ngobrol, saya masih bisa mendengar untuk meresponse.

Summary 

1. Headphone portable ya harus portable, bisa dilipat kecil dimasukan ke pouch atau box nya.

2. Kualitas kabel harus kuat, karena rentan ketarik-2 dan kusut.

3. Mudah di drive, impendancy rendah dan senstivity tinggi sehingga tidak memerlukan portable headphone amplifier.

4. Fashion statement. Bisa dipilih dari yang fun hingga yang terlihat business oriented / office use.

5. Tidak mudah copot, karena akan dipake sambil jalan-2.

6. Pilih yang mau kedap / close back (egois nggak denger sekitar), atau open back (suara di sekitar terdengar, dan suara musik kita bocor ke luar). Sesuaikan dengan kebutuhan.

 

So have fun Guys with your music.

About these ads

15 Responses to “Headphone portable untuk harian”

  1. soekotjock March 11, 2012 at 1:06 pm #

    huehuehue…
    jadi gimana oom,kapan maen2 k studio kakak?

    • pridesonline March 11, 2012 at 1:19 pm #

      ogah hehehe. takut kalap

      • soekotjock March 11, 2012 at 1:20 pm #

        hahahaha…
        untuuungg kuping gw kaleng rombeng…
        jadi racun yg kek gini gak mempan…

      • pridesonline March 11, 2012 at 1:35 pm #

        dipikir-2 boleh juga aku main ke bigknob…. buat bahan tulisan yah.. kapan/

      • soekotjock March 13, 2012 at 10:00 am #

        oom don aja yg tentuin bisanya kapan…
        ntar kabarin aja k gw oom
        hihihihi…

  2. ijunk March 12, 2012 at 12:47 pm #

    cobain akg k450 nya don…. “katanya” suaranya bagus…

  3. Anonymous March 13, 2012 at 2:32 am #

    boss Dono, gue udah bandingin sama Sennheiser PX100 II vs AKG punya elo dengan Lagu fever – Buble, CD import AUS dimana suaranya lebih Clear.
    AKG lebih Clear soundnya, suara cymbals nya Soft tapi berkelas dan vocalnya juga OK.

    selamat anda memilih dengan kualitas lebih baik…

    panas !!, ada yang mau beli PX 100 II gue. baru 2 bulan, kok :) … mau Upgrade neh.

    thx

    • pridesonline March 13, 2012 at 7:01 pm #

      hahaha makasih bos Reza… mau cobain yang buat di rumah? ayo sini…

  4. vanz21fashion March 14, 2012 at 4:48 pm #

    ngomongin headphone.. saya baru beralih nih pindah ke headphone.. alasan utama soalnya kalo pake earphone biasa suka lepas dan jatoh ke lantai, kalo headphone bisa dikalungin dan ga akan jatoh :) kemaren ini pengen beli yg Sennheiser folded type juga cuma harganya hwew semua :p kalo beats-nya dr.dre si udah ga masuk itungan. Bose juga sampai saat ini belum ada keberanian ngeluarin uang segitu buat headphone. Akhirnya milih Sony MDR-ZX100. Kalo kualitas suara menurut saya yang amatir ini si memuaskan lah kalo dipakenya untuk sehari-hari dengerin lagu. Harganya juga tergolong murah and it’s a Sony :p hehehe

    • pridesonline March 14, 2012 at 11:48 pm #

      kalau mau yang ok dan murah buat basshead tapi nggak portable coba HD 202… 300 ribu kurang goceng.

      • adecahyapurnama March 19, 2012 at 2:30 am #

        sennheiser 202 juga mayan kalo buat dengerin sehari2, cuma dia close. dengan harga 300 ribuan gak rugilah..

  5. adecahyapurnama March 19, 2012 at 2:34 am #

    Ah, ini dia maenan baru om Don yang berbahaya. AKG bener2 enak, soft tapi “nendang”, padahal kata om don itu belum pake Eq. semua range suara dapet (dari yang paling low sampe yang paling high) untuk ukuran headphone.

    rekomen lah..

    ah, sudahlah, malah bikin saya merana…

  6. Boeds August 1, 2013 at 4:29 am #

    saya pake K420,
    ajib memang.. suara alami, natural, balance.
    tidak ada suara yg saling mendominasi, semua kedengaran jelas.
    bahkan dengarin perkusi O-daiko (big drum) yg dang-dung-dang-dung sepanjang lagu, tapi suara-suara kerincing dan teriakan” orang di belakang masih sangat jelas…

    dibanding harganya, top dah akg k420.
    recommended dibanding px100 buat dengar musik yg balance.
    kalo mau puas jedang-jedung, mending sekalian hd202, setengah harga pulak.. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: