KERE HORE – Audiophile nggak perlu mahal!

26 Feb

Dari kecil saya sudah suka mendengarkan soundsytem, baik milik almarhum Bokap, maupun punya kakak. Kebiasaan mendengarkan musik tetap sampai sekarang, walaupun jujur aja selera musik saya stuck di tahun 80-90an xixi. Saya juga mengkoleksi beberapa speaker system ex era home theather di awal tahun 2000-an saat DVD lagi marak-2nya (Mordaunt Short & Klipsch). Tapi era home theater sepertinya sudah lewat, tinggal musik saja yang saya nikmati sambil browsing atau menulis blog seperti sekarang ini. Andalah saya saat ini adalah sebuah amplifier Technics yang disandingkan dengan sepasang speaker ‘taylor made’ dengan driver MB Quartz. Simple, true, dan suaranya nggak kalah lah sama speaker mahal. Namun tetap saja sering pengen juga punya audio system yang ‘GRAND’. Mungkin kuping saya juga bukan kuping emas, jadi sebenarnya sebuah system audio kelas menengah cukuplah. Di kepala saya setiap kali lewat toko penjual audio system pasti ‘ngincer’ pre-amp & ampli merek NAD, dan dipasangkan dengan speaker Accoustic Research (sayang sudah discontinue) atau speaker merek BW / FOCAL yang sekelas. Rasanya sama racun audio ini masih mendidih di otak saya.

Saya grow up dengan speaker AR25 ini...

Ini pre&ampli NAD yg legendaris tahun 80'an

Tiba-2 beberapa minggu belakangan ini saya jadi teringat hobby audio ini lagi. Mulai ngumpulin info dan dan berkunjung ke toko audio. Tapi rasanya barang-2 elektronik sekarang nggak pas di kuping saya. Apakah karena produksinya sudah di shift ke China sehingga kok rasanya ‘beda’. Nggak seperti speaker asli dari UK dan Amerika yang berkarakter, speaker sekarang suaranya pada mirip. Sulit untuk jatuh cinta ke suatu system. Ditambah pelayanan toko penjualnya juga se’wah dulu di tahun 80-90an dan tahun 200an saat booming DVD dan home theather.

Sempat keder juga saat ketemu speaker AR di display nyempil diantara speaker lain. Pas ditanya, “wah itu display pak, punyanya ownernya toko, umurnya dah lebih dari 5 tahun, tapi kalau mau dijual Rp 28 juta !! Dug…. saya stop di situ.. astaga.. mahal banget yah. Memang kalau barang asli dari Amerika / UK memang harganya segitu. Speaker lain memang lebih terjangkau (sepertiga harga si AR itu), tapi mostly sudah assembly China, dan suaranya itu… tidak special buat saya.

Akhirnya galau juga, masa mau ngeluarin duit segitu buat speaker classic (baca: tua, berdebu, dan pastinya perlu repair pinggiran drivernya) !! Gile aje Ndrooo… Mending ngumpulin duit buat motor 6oo cc ke atas laaagh… Oblak juga otak ku ternyata. Mulailah pencarian apa sih system audio yang sekarang ini lagi ngetrend. Saat buka Kaskus, ternyata ketemulah istilah “KERE HORE” (Love your ears, and your wallet) :  Adalah sebutan bagi mereka yg menginginkan kualitas Hore dalam harga yg ekonomis. Yang penting Eargasm nya tercapai dengan biaya invenstasi semurah-2nya. Caranya gimana? Yah instead invest di speaker besar dan amplifier, maka digunakan headphone dan amplifier headphonenya, ditambah dengan source lagu yang bagus. Nah dipikir-2 ini lebih masuk akal, jamannya mobile, jadi hobby audio juga bisa ikut mobile juga. Cukup  digital player yang handal (misalnya IPOD atau notebook kerja), ampli / DAC kecil yang portable, dan headphone yang cukup keren. Salah satu pakar audio di Kaskus sempat bilang begini: “Untung mendapatkan kualitas audio high end, bisa dicapai dengan harga seperlimabelasnya jika mau settle di headphone dan ampli headphone yang bagus, nggak jaman lagi dengerin speaker gambot”.

Browsing-2 akhirnya ketemu juga toko yang menjual peralatan ‘Kere Hore’ ini. Kita bahas satu-2 yah.

http://kantong-kresek.com/. Hari sabtu kemarin nggak pake mandi langsung meluncur ke Mangga Dua Mall. Alamaaak lupa pakai kaos tangan panjang.. gosoong nih tangan. Menemukan tempatnya mudah, ada petunjuknya di websitenya. Tapi saat sampai sana masalahnya si mbaknya kayaknya males melayani dan ngomong. Dia maunya kita sudah browse web dan tau apa yang kita mau beli. Yah mungkin ada harga ada service kali yak? Ya sudah aku nesu-nesu meninggalkan toko tersebut. Untungnya di Mangga Dua ada parkir motor ‘valet’. Tadinya saya pikir saya tinggal kasih motornya dan kuncinya ke petugas Valet dan walk away.. ternyata nggak. Cuman parkirnya khusus lega dan dekat dengan gedung mall nya, dengan tambahan biaya fix IDR 5.000,-.. thanks God !!

http://jaben-jakarta.com. Nah baru minggu pagi ini penasaran. Baca-2 informasi toko lain. Ahaaa!!! Toko Jaben ini ada di STC sebelah Plaza Senayan. Langsung aku kesitu (kali ini mandi!!). Expektasi rendah gara-2 si ‘Kantong Kresek’ itu… tapi karena dekat ya sudah, langsung gas pol motor matik ku dan parkir dengan mudah di basement 2. Ternyaata tokonya asik, dijaga sama anak-2 muda kuliahan yang tau banget tentang audio dan trend sekarang. Mereka nggak jualan headphone nya Justin Bibir dan dokter “siapa-nggak-penting-itu” yang overprice sinting gilak. Produk-2 nya sih emang di atas ‘Kere-Hore’ tapi kita bisa mencoba seluruh headphone dan ampli yang ada di situ. Disarankan membawa player sendiri sehingga yang kita bisa dengarkan lagu kesukaan kita sebagai referensi pembanding. Dan bagusnya anak-2 muda itu santai banget dan komunikatif ngasih coba headphone yang ada disitu. Dan mereka nggak ngepush barang yang mahal, terserah selera. Awalnya saya coba headphone berharga 1.2 jutaan, lalu berganti-2 sampai 4-5 headphone, belum lagi tukar-2 amplifier. Semuanya di layani dengan sangat baik. Dan ternyata dari segala macam headphone dan amplifier exotis itu saya malah cocok dan membawa pulang headphone seharga IDR 300.000 – Sennheiser HD 202 yang mengedepankan bass.

Sebenarnya headphone HD 202 ini sih headphone yang banyak ditemukan di toko aksesori komputer. Tapi kalau di sana kan aku nggak bisa coba, dan dari mana saya tau suaranya kayak apa dan cocok nggak dengan kuping panci saya ini xixixi. Makanya saya rekomend teman-2 yang mau meneruskan hobby Audiophile gaya Kere Hore ini, untuk main ke toko Jaben ini. Alamat detailnya ada di website.

Senn HD 202, recommended buat kuping saya mengalahkan headphone diatas satu jutaan

Dan saya sendiri masih mencari player yang bisa play FLAC dan amplifier headphone yang cocok dengan selera saya ini. Dan kayaknya saya akan sering nongkrong di Jaben. See you there folks… Audiophile gaya Kere Hore.

Toko Jaben - the little headphone store - STC ground floor Jakarta

Tulisan lain tentang Audio:

http://pridesonline.wordpress.com/2011/03/13/headphone-ear-hook-philips-nyaman-dipakai-pas-riding/

http://pridesonline.wordpress.com/2011/10/30/rekomendasi-speaker-lokal-ss-audio/

 

Video liputan tentang KERE HORE

26 Responses to “KERE HORE – Audiophile nggak perlu mahal!”

  1. Nöördien haliéd February 26, 2012 at 11:55 am #

    Busyet.28jt ituh bisa buat beli beras berapa truk pakbos.ealah,ga sesuai statuta itu kalo nekat.bisa kena sanksi viva ntar.

  2. ijunk February 26, 2012 at 12:01 pm #

    waaah… boleh deh… ntar ane coba kesana… daripada ke bandung…. berarti ane kaga beli yang sama kaya ente yak don… biar salaing mencoba… dan biasanya ane yang sial.. T_T

    • pridesonline February 26, 2012 at 12:16 pm #

      iye kontak ane aja…. deket kan. STC doaang

      • ijunk February 26, 2012 at 12:25 pm #

        rencanaya mau pake DAC/headamp apaan don??..

      • pridesonline February 26, 2012 at 12:34 pm #

        belum junk.. waktu aku dengerin nggak signifikan chance. gw malah stuck sama headphone 300 ribu… yang mahal nggak gimanaaa gitu makanya gw butuh FLAC mu.. aku mau masukan di tab.. install player FLAC

  3. ijunk February 26, 2012 at 12:55 pm #

    sama.. aku juga sementara mw coba pake ipad dulu sebagai dap…aku juga mw mesen flac lagi niih… masih kurang ternyata…ente mw nitip album ato artis apa??.. mw aku convert ke ALAC…

    • Anonymous February 26, 2012 at 6:03 pm #

      akg k450 bagus nda yah don??… udah dicoba lom… mudah mudahan ada di jaben biar bisa dibandingin ama hd 202

  4. Triyanto Banyumasan February 26, 2012 at 1:17 pm #

    audio… hidupku tlah berlalu… Senheiser “ai juga pakai… duluu :D

  5. soekotjock February 26, 2012 at 3:17 pm #

    anu…
    kakakku nawarin speaker FOCAL oom…
    ntah tipe apaan,tp yg jelas recommended bgt buat home theatre,soalnya kan aslinya ni speaker buat low end speaker studio
    cuma harganya itu,1000 USD$/pasang klo g salah inget
    wakakaka…
    klo minat barangkali…
    klo buat gw c useless yah,dgn hrg segitu dah bisa dapet home theatre-nya SONY…
    cuma yah tergantung selera masing2…
    hihihi…

    • ijunk February 26, 2012 at 6:04 pm #

      wiiw.. focal … mantaph rif

  6. adrian suriantio February 27, 2012 at 2:50 am #

    ane masih ada tuh sennheiser HD 435, dulu beli 650rb di pameran indocomtech, klo yang hobby home theater harga miring paling enk pake headphone memang, hehehehe alhasill ane lumpat jumpalitan malem2 nonton the grudge sendirian di kamar pake ni headphone, hahahahaha kabelnya itu loh 5 METER!!! panjang ajeee

  7. pikimi February 27, 2012 at 5:48 pm #

    sama seperti gw dunk, Kere hore mania,

    kalo nyari yang bisa mutar Flac tapi harga murah, beli aja Cube c30, bisa mutar flac juga tuh, baterenya bisa tahan sampe 15 jam,
    terus bonus IEMnya oke juga tuh F1 nya. SQnya bagus banget, tapi harganya murah.

    gw juga pernah beli hippo Shroom di jaben beberapa bulan yang lalu, emang jaben mantep pelayanannya.

  8. dumsky February 28, 2012 at 6:44 am #

    dari nyobain headphone satu jutaan akhirnya milih yg 300 rebuan sennheiser 202,headphone bagus tuh,ane masih pake ampe skrg,tpi kondisinya udh hampir mengenaskan,kulit penutup busa headphonenya udh gak ada lagi

    tapi suaranya masih tetep toopp

    player yg bisa maenin FLAC bisa coba hippo gumstick,harganya dulu 500 ribuan,udah ada slot microsd nya,memory internal 4 gb,tp suaranya ngalahin ipod kmana2

    • pridesonline February 28, 2012 at 2:07 pm #

      thanks Gan. tapi setelah di dengarkan hd202 terlalu boomy untuk lagu jazz yah… dan karena kedap, cepat lelah juga .. mungkin kudu yang open air gitu kali yah.. Gardo katanya bagus, cuman nggak suka aja bentuknya kecil.

      Pengen Senn HD800.. harganya maaaak… USD 1.400 !!

      • ijunk February 29, 2012 at 12:26 am #

        USD 1400??…. kalo bener perbandingan headphone vs home audio adalah 15 kali lipat, maka suara hd800 kaya system berharga USD 21.000…. ala mak jaaaaaaaang….

        beli doon.. ntar ane cobain.. xixixixi

  9. tigerpiceks February 28, 2012 at 11:13 pm #

    di burn-in dulu headphone nya om don…

  10. tigerpiceks February 28, 2012 at 11:15 pm #

    coba nyari reviewnya Hifiman sama DAC 10 di threadnya om Dies di kaskus om.

    • pridesonline March 3, 2012 at 12:12 am #

      ada linknya nggak om? ini makin keracunan… tidur susah, bangun cepet, langsung pake headphone lagi xixixixi… geblek niiih racunnya…

  11. tigerpiceks February 28, 2012 at 11:17 pm #

    Musiland monitor 03, bagus juga cuma nyari barangnya susah…

  12. TripleNine March 3, 2012 at 12:03 am #

    Ulasan yg ciamik!

  13. tunas March 3, 2012 at 6:21 am #

    info menarik nih, seeppp.
    《♥p200ns♥》

  14. temonsoejadi March 4, 2012 at 6:03 am #

    nitip tulisan mas…

    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/03/04/terus-saja-penjara-dirimu/

    suwun…

  15. geraltofrivia April 7, 2012 at 9:47 pm #

    nggak mahal…total cuma seharga satu ninja. ups. xixii

  16. Lukman Hakim (@LukmanHFaritsi) June 29, 2012 at 2:30 am #

    Buat yang audiophile yang dananya lebih cekak lagi, gw mau rekomendasikan FRESH E-91 (cek lewat om Google buat liat gambar). Silahkan coba saja dijamin gak nyesel dengan harga berkisar 75.000-85.000.

  17. muhadi November 12, 2012 at 10:53 pm #

    hehehehehe… jatuh ke HD202. Saya sih dlu nyoba pertama yang seri HD200. tapi pas nyari dah kosong, ketemu HD202. pas d coba mantab…klo dah dengerin music pake speaker ini serasa dunia milik sendiri… mantab dan murah…

  18. j4uharry February 18, 2014 at 7:27 am #

    ker-Hor emang bikin KERE ahahha

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

