Motor touring terbaik apakah selalu motor besar?

27 Feb

Aku sudah bertemu secara personal dengan 3 World Travellers… Yang pertama tahun lalu adalah Singapore Dream, pasangan Goh dan Samantha, dengan Honda Africa Twin 600 cc, kemudian minggu lalu bertemu dengan Sean Vespa PX 200 cc, dan beberapa hari kemudian bertemu dengan Dan & Claire, dengan motor Yamaha XT 25o. Kalau dilihat motornya Goh, yah pantas, wong boncengan dan bawa barangnya banyak bangets.. itung-2 masing-2 orang dapat jatah 300 cc lah.

Kali ini yuk dikit nyentil versi lokal dari hiruk pikuk replika Long Way Down / Long Way Round…

RING OF FIRE

Ekspedisi Ring of Fire (http://ringoffireadventure.com) pun rencananya menggunakan beberapa motor Kawasaki Dtracker 250 cc. Awalnya rencana berangkat Januari 2011, hingga sekarang belum ada update nya lagi, padahal di websitenya latihannya sudah cukup mantap, dan show perangkat dan mobil support sangat luxurious. Saya pikir motor Dtracker ini sudah pas lah, apalagi kalau memang harus lewat-2 jalan of road. Mungkin jika ada ban standard KLX selalu tersedia di mobil back up mungkin lebih baik.

Dtracker untuk ROF dari KMI

Sudah mulai latihan, tapi nggak mulai-2

Ini proses pemilihan motor oleh ROF:

Motorcycles:
The KLX 150 is an excellent bike for it size and price. It is able to keeps up with its big brother 250cc’s where ever it go. In some conditions the KLX 150 is easier to handle and is more agile. Unfortunately, it is too small to suit our purposes. We approached Kawasaki Motor Indonesia through their corporate secretary Mr.Nugroho and we presented our plan to Mr.Okada (Marketing Director), Mr. Shimada… and Mr.Nugroho himself on a Thursday afternoon. By Monday morning Mr. Okada surprised us with the “YES” and since then we were taken care by Mr.Freddy Basuki.

Kawasaki Motor Indonesia supported us with 3 D-Tracker-X 250s, 2 KLX 250s, and some backup spare parts.

We keep the motorcycle as standard as possible, a minor modification were done only on headlight. We replace the headlight cowl to give some space for our communication devices, handy talky, chargers, cellular and GPS. We added side bag brackets, protection bar and replace the standard tyres with Avon Distanzia. Other than that the KLX and D-tracker X are fully standard.

On a weekend we invited the Kawasaki Motor Indonesia Marketing Director and managers to give a test and camping together on our training ground. You can see on the video how much fun we had.

Kawasaki Motor Indonesia was very happy and proud to be associated with Ring of Fire Adventure no wonder you can see Giovanni’s motorcycle on their exhibition booth at the Jakarta Motor Show November 3rd to 7th 2010. It was such a great honour for all of us.

When we expressed our intention about creating a Ring of Fire product line together with Eiger Adventure, Gurkha etc; the Kawasaki Motor Indonesia response was very positive.

Thank you Kawasaki Motor Indonesia.

INDONESIA EXPLORIDE

Nah saat ini ternyata ada expedisi lain yang sudah berjalan beberapa hari. Yaitu expedisi Indonesia Exploride (http://wd-integrated.com/indonesiaexploride/) yang disponsori oleh pabrikan rokok Djarum yang sudah mulai berangkat dari Jakarta tanggal 20 Febuari 2011. Seperti halnya pembuatan iklan rokok, proyek ini sepertinya menjual keindahan Indonesia, karena tidak boleh menjual rokoknya secara langsung hehe.. akhirnya menjadi menjual dreams, yaitu keliling Indonesia dengan motor GS 800. Kebetulan fotografernya adalah teman ku di frekuensi mobile 144.940 mhz, oom Ditto Anduk.

Foto-2 diambil dari website Indonesia Exploride…

Berangkat dengan gegap gempita, Long Way Down style xixixi

Ini ridernya.. siapa toh namamu mas, nggak pernah bertemu sebelumnya.. emangnya selama ini nongkrong di maneee?

Hah? segini banyak orang yg harus menyiapkan tenda? C'mon.. get a hotel !!

Ceritanya berkemah nih yeee (ceritanya looooh)

Ceritanya sunset (ceritanya loooh)

Nah di sini ada yang aneh, kalau tentang perusahaan rokok menjual mimpi sih oke-2 aja.. tapi menjual motor GS 800 ke kalayak umum dan memaksakan diri untuk menjadikan motor terbaik untuk touring di Indonesia sepertinya silly. Apakah motor ini bisa berjalan mandiri tanpa back up tim lengkap peralatan dan mekanik? Get real…

Jadi tolong di cek lagi apakah benar GS800 yang terbaik untuk melibas medan di Indonesia? Sepertinya ROF lebih bijak yah..

BMW F800 GS, Motor paling tepat untuk turing di Indonesia? GUNDULMU!!

Kata siapa? Motor ini bisa diperbaiki di pinggir jalan?

About these ads

48 Responses to “Motor touring terbaik apakah selalu motor besar?”

  1. soekotjock February 27, 2011 at 3:56 pm #

    hahaha…
    bakal rame neh,ijin nge post ya oom…

  2. Geralt of Rivia February 27, 2011 at 4:04 pm #

    ane dapet keduax diatas kocok :(

  3. Geralt of Rivia February 27, 2011 at 4:09 pm #

    o iya om don, blognya bisa dibikin (see more…) gitu ngga (gw gatau namanya apa…) soalnya loadingnya jadi berat, alhasil d kompiku ga smua gambar bisa kebuka :(

    o iya, stauku ridernya itu jurnalis juga deh om, tapi kok potonya kayak mau ikut gelar panco indosiar ya…wkwkwkwkwkwkk :))

    • pridesonline February 27, 2011 at 4:15 pm #

      iya dipotong gitu yah.. biar see more.. ntar aku liatnya deh

    • soekotjock February 27, 2011 at 4:20 pm #

      kek vin diesel vid muka ridernya
      hihihi…

  4. Torry Parantoro February 27, 2011 at 4:19 pm #

    mgkn dia didampingi service car membawa parts lengkap utk GS800 ?

    • soekotjock February 27, 2011 at 4:22 pm #

      quote dari Goh WTR singaporedream oom : everyone can go around the world with a storage car in their back…
      hihihi…

  5. diposedicigp8 February 27, 2011 at 4:20 pm #

    andai BAI brani sponsorin “gawe” kaya gitu untuk jualan p220, mungkin bakal laris jualannya. #ngarep

    • soekotjock February 27, 2011 at 4:23 pm #

      padahal udah ada tu kutukupret CB yg mau riding k thailand malay ama vietnam,tapi BAI adem2 aja tuh g peduli,pdhl dia udh minta sponsor k BAI…

      • diposedicigp8 February 27, 2011 at 4:29 pm #

        lagi sibuj jualan kali cok, makanya gamau diganggu :mrgreen:

  6. wakidhin February 27, 2011 at 4:27 pm #

    Petualang sejati kayanya si Sean Vespa deh. Kayanya blended banget dengan perjalanan, orang2 dan budaya di mana dia melintas.
    Gambar3nya juga sangat bercerita, terutama jeroan vespanya yg bolak balik dibongkar xixixi.
    Apa karena di bule kali ye, jadi lebih mudah diterima.
    Udah, ente cuti setaun Don, keliling dunia pake cs1 xixixix

    • pridesonline February 27, 2011 at 4:33 pm #

      ayo lengky.. jangan mau kalah sama anduk.. pcx mu itu di modif biar jadi jetski.. nggak usah pakai ferry.. terus aja sampai laut.. xixixi

  7. bennythegreat February 27, 2011 at 6:37 pm #

    Yaelah don…sinis amatttt…
    Fakta bicara bahwa naik vespa juga bisa kliling dunia..jalan kaki ato nae speda juga bisa lhooo..
    Tapi kesesuaian motor dengan medan juga fenting..

    Lhaa..apa mau kita ke kondangan resmi pake kaos kutang sama clana pendek polkadot…xixixi

  8. soerazye February 27, 2011 at 8:36 pm #

    wew
    turing kok pake mobil backup? nganeh dehh
    bukannya kalo motor kaya bmw gs uda d buat biar free maintenance yah?
    ngapain mikirin bengkel lagi, paling nambal ban aja kalo bocor, itu juga bisa sendiri tinggal bawa congkelan ban, pompa sama ban dalem aja

  9. pulsariders-001 February 27, 2011 at 11:59 pm #

    hihihihi…. Nunggu berita ada orang Indonesia RTW pake CS1, pio juga gpp dech… :D

  10. sobek2 February 28, 2011 at 1:11 am #

    touring indonesia plg cocok ya bebek,..
    Di detiap pelosok negri bengkel resmi maupun bengkel pinggir jalan, mah eces kalo bongkar membongkar.. :D

    • pridesonline February 28, 2011 at 1:19 am #

      Yah motor produk lokal kali yah maksudnyaaaa

  11. montormiber February 28, 2011 at 1:40 am #

    He he he…. kalau mongtorku ngintil sanggup ngga yah ngimbangi durability GS800, mongtorku cuma nopekgo cc….

  12. dpouwel February 28, 2011 at 2:48 am #

    urun rembug bro, IMHO untuk indonesia motor paling cocok adalah yamaha scorpio. Karena ni motor torsinya cukup besar, cc nya pas untuk jalanan indonesia yg kecil2, bisa nenggak premium, spare part terjangkau,riding positionnya pas buat off road-an, daya tampung tangki pas, teknologinya simple.

    jadi intinya ni motor reliable n bulletproof!

    • pridesonline February 28, 2011 at 3:29 am #

      Setuuuuju.. Coba liat postingan ku ttg perjalanan dan claire menggunakan yamaha xt250

    • ERBE February 28, 2011 at 7:26 am #

      eh ada om pouwel disini…
      *yg ngeracunin saiah pio kotak niy..

      IMHO enaknya pake montor pabrikan yg ada di pasaran tuh…kl ada trouble di jalan, rata2 bengkel pinggiran pun sekarang bisa nanganin yg penting diliatin sama yg punya dan juga yg punya ngertilah montornya biar sedikit juga

  13. sobek2 February 28, 2011 at 3:27 am #

    Nah bwetul itu kisanak,..
    Produk lokal… Termasuk bebek tadi xixixxi

  14. bAdcOp February 28, 2011 at 4:05 am #

    kalo buat Indonesia aja sih, kayaknya Pulsar ku juga cukup. Asal gak oprot2 banget, beraaaaaaattttttt..

    tangki? gede 18 literan + res
    tenaga? mayan, tengah2…
    premium? sapa takut…
    irit? mayan lah buat mesin 200 cc…

  15. anddeep February 28, 2011 at 4:49 am #

    ijin share dan nyantol foto nya ya mas don

  16. asmarantaka March 1, 2011 at 7:51 am #

    bhuahahhahahhaa…motor terbaik gundulmu..mantapp dah sebutannya

  17. hanx March 2, 2011 at 1:41 am #

    hahahaha motor gundulmu,,, wakkakakakak….

    paling enak yo tiger,, sperpat banyakkkk,, hehehehe

  18. andryberlianto March 2, 2011 at 4:02 am #

    Cukup KLX 150 saja :p

  19. Mr_Long'S March 2, 2011 at 1:44 pm #

    Byson aza Om
    *jatoh segitiga atas langsung pecah :mrgreen:

  20. adjokasep March 4, 2011 at 2:48 am #

    BMW GS bisa lho dipernaiki sendiri di pinggir jalan, tanya aja kang JJ yang keliling dunia sendirian aja….

    ———-

    OBRAL MOGE ITALIA HARGA PABRIK MULAI 40jt-an 1200CC

    http://mocinrider.wordpress.com/2011/03/04/obral-habis-moge-italia-harga-pabrik-mulai-40jt-an/

    • pridesonline March 4, 2011 at 6:12 am #

      waktu dia jelasin kayaknya kita lupa nanya kang JJ

  21. jahe March 7, 2011 at 12:02 am #

    hehe,cupu mah klo gt..imho,cmiiw, setau sy yg terbaik sampai saat ini utk keliling indonesia ya ekspedisi zamrud katulistiwa, 2 diatas ga ada apa2nya deh,modal mepet,2 jurnalis, dan honda win 100 modif trail..coba googling aja ada webnya jg n grup fb,klo yg bnyk sponsor sih bisa dikata modal bokong sehat aja,wong ga mikir uang saku,motor rusak dll

    • rherherandaru March 13, 2011 at 3:06 pm #

      seetuju ama yang enih… salut buat 2 jurnalis z.k…

  22. Dhonie Asmawi March 28, 2011 at 12:59 am #

    Cukup enak kayak nya pake gs 800, dah cukup friendly utk nelen bbm premium tanpa hrs mengurangi performance mesin… :) klo turing ada back up car sih tergantung, biasanya yg dpt sponsor dr atpm maupun pihak lain for sure mrk akan kasih back up car + teknisi hanya utk menjamin peserta dpt selamat sampe tujuan beda cerita klo turing individual, udah pasti apa2 dipersiapkan sendiri :).. However, turing di indonesia naik apa aja bisa dan di sesuai kan dgn medan yg akan dilalui nah Skrg kembali lg ke individu msg2 mau nya turing yg kyk gmana dan kmana..Hehehe..

    Sukses trs ya mas don :)

    • pridesonline March 31, 2011 at 12:07 am #

      widih mantap banget commentnya mas Dhonie. hahah.. harganya luar biasa.. berapaan yang gs800 yah?

  23. pittoe June 26, 2011 at 5:31 pm #

    Jadi gara2 ini mas Dono ngelibas Jateng-Jatim-Bali-Lombok pake new pio?
    Tp asyik jg touring dgn sponsor raksasa,yg penting bisa naik motor,tinggal nurut ama skenario sang sutradara

    • pridesonline June 27, 2011 at 5:46 am #

      Enakan sendiri. Sesuai kehendak hati dan badan.

  24. blackmax June 26, 2011 at 11:14 pm #

    yah klo sponsorna produk lokal ya alangkah baikna pake produk atpm lokal yg dijuwal bebas..

    klo pake GS 800 kekna misih beneran menjuwal mimpi deh..

    jadi gak berani nanya hargana..xixixi… :D

  25. groiz June 27, 2011 at 1:00 am #

    Cuman bisa bilang,kalo mau ngejual produk motornya gs800 kurang bisa menjangkau lapisan masyarakat indonesia karena harganya tapi dari segi performa motor ini sangat memukau.*mimpiin bawa motor itu dari dulu.kalo mw nerabas sampe offroad idolaku tetep klx250.kalo cuman jalan aspal terus batu2 bagiku pulsar sudah bisa di andalkan.sparepart bisa kita bawa terus masukin box.atw minta tolong temen-temen komunitas.*sekali lagi ini kalo di indonesia y.aku prefer pulsar untuk segi kenyamanan berkendara untuk turing ngelilingin indonesia. Lanjutin ceritamu om.

  26. http://bishop-getlost.blogspot.com/ January 11, 2012 at 1:04 am #

    mending pake Bishop *pibo ug4 ku :)

  27. reki June 9, 2012 at 12:30 pm #

    apa aja motornya yang penting niat jalan nya…

  28. ivanmuhtar July 1, 2012 at 2:54 pm #

    Sebagai blogger yang bijaksana, seharusnya pemilik blog ini dan orang-orang yang mengomentarinya menggunakan kata-kata yang sopan untuk mengungkapkan informasi. Kecuali jika memang agenda dari tulisan ini adalah menjelek-jelekkan suatu produk…. maka, tak sepantasnya tulisan ini diposting… Ingat UU ITE (saya yakin penulis sudah paham).. SALAH-SALAH, ANDA BISA DIJERAT PASAL…

  29. Novan Pamungkas March 8, 2013 at 8:04 pm #

    Oke…indonesia, sebuah negara kepulauan yg basah & bergunung2 dgn populasi yg padat. Tidak semua jalanan berkategori baik, namun secara umum masih dalam batas tidak ekstrem. hampir semua tempat (dalam satu pulau) terhubung dgn jalanan yg bisa dilintasi motor. Logikanya hampir semua motor bisa digunakan u. menjelajahi-nya namun pertanyaan-nya mana yg terbaik.
    Perlu dicatat tidak ada motor pabrikan yg didesain secara khusus u. menjelajahi medan di indonesia yg khas. Karena itu motor yg terbaik bagi saya adalah memadukan kelebihan suatu motor dan sekaligus menghilangkan kelemahan pada motor tersebut. Contohnya memadukan Kawasaki DTX250 (rangka/suspensi/ban) dengan mesin motor standar yg sesuai, familiar namun handal, macam mesin honda tiger 200cc atau yamaha scorpio 225cc – untuk rider bongsor. Sedangkan untuk rider kecil cukup memadukan Kawasaki KLX150 (rangka/suspensi/ban) dengan mesin Honda megapro 150cc :D XD

  30. rentalmotormedan June 14, 2013 at 2:12 am #

    saya pakai pulsar 220- cuma benerinnya harus kota besar mas bro

    http://rentalmotormedan.wordpress.com/ –>>bantu klik ya

  31. Fariz Alfian July 27, 2013 at 4:31 am #

    Dan Pada Akhirnya om Yt dengan ROFA pake BMW juga, ckckckckck…… mungkin itu yg bisah sayah sampaikan.

  32. Alfian Rider July 27, 2013 at 4:32 am #

    Salam PETUALANG…!!!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Lebih dekat dengan Indonesia Exploride « Live from 2 wheels - January 8, 2012

    [...] dulu pendapat-2 kita tentang Indonesia Exploride, kayaknya tulisan ane cukup nyentil juga (read: http://pridesonline.wordpress.com/2011/02/27/motor-touring-terbaik-apakah-selalu-motor-besar/). Makanya menjawab pertanyaan “siapa namanu mas?” Oom Ungky cukup informatif [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: